Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akomodasi-Konsumsi PON Belum Sinkron

Rabu, 25 Juni 2008 – 11:38 WIB
Akomodasi-Konsumsi PON Belum Sinkron - JPNN.COM
SAMARINDA – Bidang Akomodasi dan Konsumsi PB PON XVII/2008 masih belum sinkron. Beragam fasilitas penunjang di bidang itu masih dikerjakan. Seperti pembangunan perumahan Bhumi Prestasi Kencana (BPK) di Samarinda Seberang untuk penginapan atlet, dan pembangunan jalan menuju perumahan tersebut juga dikhawatirkan tidak selesai sebelum PON bergulir. Belum lagi, bicara penanganan konsumsi seluruh kontingen dari 33 provinsi.

Ketua Bidang Akomodasi dan Konsumsi PB PON Firminus Kunum yang dikonfirmasi mengatakan, seluruh persiapan bidang ini baru akan disinkronkan. “Kami akan rapat khusus tentang masalah ini,” kata Firminus.

Disebutkan, kendala persiapan Bidang Akomodasi dan Konsumsi tak lepas dari persiapan bidang lain. Seperti data keabsahan kontingen peserta PON baru akan masuk pada 28 Juni, dan molornya penyelesaian pembangunan fasilitas penunjang. Tetapi, menurut Firminus, untuk BPK dijamin oleh pelaksana proyek bisa digunakan sebelum PON. Kemudian, jalan masuk perumahan yang dianggarkan sebesar Rp 33,8 miliar itu juga tetap diupayakan rampung sebelum PON. “Bila memungkinkan akan diaspal. Tapi kalau tidak, cukup tahap agregat,” jelasnya.

Penempatan masing-masing kontingen sudah disusun. Namun, masih akan dilakukan penyesuain-penyesuaian, karena jadwal kedatangan kontingen juga belum jelas semua. Sesuai kesepakatan semula, setiap kontingen hanya ditanggung konsumsi dan akomodasinya oleh PB PON dari H-2 hingga H+2 berdasarkan jadwal pertandingan masing-masing cabang olahraga.

Diproyeksikan konsumsi 1 cabang olahraga akan dilayani 1 katering. Begitu juga dengan akomodasi, di mana para atlet seluruhnya disiapkan home stay (rumah tinggal). Kalaupun ada yang diinapkan di hotel, tapi fasilitasnya sama dengan home stay. Intinya, pelayanan konsumsi dan akomodasi untuk atlet dan official diseragamkan. Sedangkan, untuk tamu penting dan wasit disiapkan tempat di hotel.

”Termasuk tamu VVIP dan VIP saat pembukaan dan penutupan, kami siapkan hotel buat mereka. Untuk Bapak Presiden antisipasi jika beliau nginap, akan disiapkan di Hotel Senyiur,” kata.

Mengenai standarisasi gizi atlet, menurut Firminus, hal tersebut ditentukan oleh Bidang Kesehatan KONI Pusat. “Teknis dan standar-standarnya sudah kami siapkan. Misalnya, untuk seluruh konsumsi atlet kalorinya 4.500. Banyak sekali kalau mau diuraikan,” jelasnya. 

Total dana dialokasikan untuk Bidang Akomodasi dan Konsumsi ini sekitar Rp 126 miliar. Secara terpisah, Ketua Bidang Humas PB PON M Jauhar Efendi menjelaskan, untuk pelayanan wartawan dari daerah lain, diasumsikan bergabung dalam kontingen daerah bersangkutan.

SAMARINDA – Bidang Akomodasi dan Konsumsi PB PON XVII/2008 masih belum sinkron. Beragam fasilitas penunjang di bidang itu masih dikerjakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close