Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akses Kuliah Anak Daerah Dipermudah

Senin, 30 Mei 2011 – 22:46 WIB
Akses Kuliah Anak Daerah Dipermudah - JPNN.COM
JAKARTA—Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan segera mengintegrasikan antara Community College dengan perguruan tinggi. Community College (CC) adalah suatu komunitas pendidikan vokasi (kejuruan) formal dan informal yang dibentuk di suatu propinsi atau kabupaten/kota yang tidak memiliki perguruan tinggi (PT).

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, hal ini dilakukan untuk mendongkrak angka partisipai kasar (APK) di perguruan tinggi. “Dengan adanya community college ini diharapkan dapat meningkatkan APK. Sehingga  anak-anak di daerah yang tidak memiliki PT, bisa naik atau melanjutkan pendidikannya ke PT,” ungkap Nuh saat rapat kerja di Komisi X DPR RI, Jakarta, Senin (30/5).

Teknisnya, lanjut Nuh, jika ada anak yang tergabung di dalam CC yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, maka tidak perlu mengulang dari awal layaknya mahasiswa baru.

“Lamanya dia berada di community college itu tadi, bisa diekuivalensikan. Misalnya, untuk mata pelajaran A,B dan C dinilai sudah lulus, berarti bisa masuk dan tidak harus mengambil 24 SKS. Mungkin bisa hanya 15 SKS, karena tiga mata kuliah yang sejenis sudah dinyatakan lulus di community college tadi. Bisa dikatakan, Community College ini semacam jenjang sekolah diploma,” paparnya.

JAKARTA—Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan segera mengintegrasikan antara Community College dengan perguruan tinggi. Community

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close