Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aksi Kawanan Perampok Lintas Sumatera Digagalkan

Selasa, 20 Mei 2014 – 20:57 WIB
Aksi Kawanan Perampok Lintas Sumatera Digagalkan - JPNN.COM

jpnn.com - PADANG - Enam kawanan perampok lintas Sumatera berhasil diringkus usai beraksi, Senin (19/5) dinihari. Diduga, kawanan perampok itu sudah merencanakan aksi besar di Sumbar.

Pasalnya, pada kendaraan rental Xenia BA 1354 LN yang ditumpangi para tersangka ditemukan barang bukti pendukung. Seperti senjata api rakitan, peluru, empat buah kunci T, dua lakban, lima sarung tangan yang masih baru, satu penutup wajah, kunci simpang tiga, serta uang yang diduga hasil kejahatan.

Informasi yang dihimpun, penangkapan kawanan perampok diawali adanya laporan yang diterima Polres Sawahlunto, bahwa ada mobil mini bus jenis Xenia diduga lari ke daerah mereka. Kawanan perampok baru saja menodong seorang sopir mobil boks wilayah hukum Polres Sijunjung, tepatnya di kawasan Kumanis, Kecamatan Sumpurkudus, Sijunjung.

Usai menodong sopil mobil boks, petugas Polsek Kumanis yang mendapat informasi itu langsung mengejar hingga ke perbatasan Sijunjung-Tanahdatar, yaitu kawasan Setangkai, Kecamatan Lintaubuo. Tak mau kehilangan jejak, Polsek Kumanis berkoordinasi dengan Polres Tanahdatar dan Polres Sawahlunto. Pasalnya, kawanan tersebut diduga melarikan diri ke arah dua wilayah yang berbatasan langsung dengan Sijunjung.

Berkat informasi dari petugas Polsek Kumanis lengkap dengan ciri-ciri kendaraan tersebut, Polres Tanahdatar dan Sawahlunto langsung menyisir dan mengunci jalur keluar-masuk kawasan mereka.

Petugas Polres Sawahlunto kemudian mendeteksi pergerakan kawanan ini di daerah Talawi. Mereka diduga akan menuju pusat Kota Sawahlunto dan berlanjut ke ruas jalan lintas Sumatera.

Tanpa berpikir panjang, rencana penyergapan pun disusun di kawasan pos jaga Lantas Muara Kelaban, Sawahlunto. Untuk menghentikan langkah para kawanan tersebut, polisi membuat sedikit kemacetan di ruas Lintas Sumatera.

”Alhamdulillah, pelaku tidak bisa berkelit begitu masuk dalam kawasan macet. Polisi langsung melakukan penyergapan, dan tanpa perlawanan, keenam kawanan berikut barang bukti berhasil diamankan,” jelas Kasat Reskrim Polres Sawahlunto AKP Julianson kepada Posmetro Padang (grup JPNN), Selasa (20/5).

PADANG - Enam kawanan perampok lintas Sumatera berhasil diringkus usai beraksi, Senin (19/5) dinihari. Diduga, kawanan perampok itu sudah merencanakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA