Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Aksi Keprihatinan di Palestina

Rabu, 16 Maret 2011 – 20:07 WIB
Aksi Keprihatinan di Palestina - JPNN.COM
GAZA - Warga Palestina menggelar aksi keprihatinan nasional di Kota Gaza dan Ramallah. Kemarin (15/3), puluhan ribu penduduk Kota Gaza memadati Square of the Unknown Soldier. Sedangkan, konsentrasi massa yang lebih kecil terjadi di Ramallah. Sekitar 3.000 warga Tepi Barat berkumpul di Manara Square.

"Ada puluhan ribu massa di sini. Dan, mungkin masih banyak lagi yang akan datang," kata Ihab al-Ghussein, jubir Kementerian Dalam Negeri Palestina, seperti dikutip Agence France-Presse. Dalam unjuk rasa paling akbar di Jalur Gaza tersebut, para demonstran menuntut pemerintah bersatu dan mengakhiri pertikaian politik yang selama ini terjadi.

Sebenarnya, unjuk rasa kemarin merupakan puncak protes para aktivis di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Sejak Minggu lalu (13/3), beberapa aktivis di Tepi Barat melakukan aksi mogok makan untuk memprotes para pemimpin Fatah dan Hamas yang tak pernah rukun. Sedangkan, para aktivis Jalur Gaza sudah mulai turun ke jalan sejak Senin lalu (14/3).

Unjuk rasa warga Jalur Gaza yang dipusatkan di Square of the Unknown Soldier itu berakhir menjelang petang. Sebagian besar demonstran memilih kembali ke rumah masing-masing. Tapi, sekitar 60 aktivis memilih bertahan di alun-alun Kota Gaza itu dan bermalam di beberapa tenda berukuran kecil. Di atas tenda terbentang spanduk bertuliskan "Hentikan Perpecahan", dan "Dukung Persatuan Palestina".

loading...