Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aksi Protes Perempuan Iran Lepas Jilbab Viral di Medsos

Rabu, 31 Januari 2018 – 14:00 WIB
Aksi Protes Perempuan Iran Lepas Jilbab Viral di Medsos - JPNN.COM

Dalam 24 jam terakhir, foto yang menunjukkan perempuan Iran melepas jilbab mereka telah beredar luas. Sejumlah perempuan muda Iran berdiri dengan bangga tanpa penutup kepala di jalanan Iran, melepas jilbab mereka, yang artinya melanggar hukum negara itu yang ketat yang memerintahkan para perempuan untuk menutup rambut mereka.

"Mereka mempertaruhkan kebebasan mereka, mereka juga mengekspos diri mereka untuk disakiti dan mendapat perlakuan kasar lainnya oleh polisi dan petugas paramiliter lainnya di Iran yang menegakkan peraturan memakai jilbab bagi para perempuan," kata Raha Bahraini, peneliti organisasi Amnesty International di Iran, yang mengamati penyebaran foto aksi protes tersebut.

Skip Twitter Tweet

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

"Kampanye ini telah menarik perhatian dan saya yakin media sosial telah memberi para perempuan ini kesempatan untuk menyuarakan keinginan mereka dan menunjukkan bahwa mereka tak lagi menerima degradasi semacam ini."

Fenomena ini dimulai sejak 5 pekan lalu, yakni pada 27 Desember, ketika seorang perempuan muda difoto tengah berdiri di atas kotak listrik di jalanan Teheran yang sibuk. Rambut panjangnya tergerai di atas bahu sementara pandangannya lurus ke depan, sambil mengibarkan jilbab putih.

Skip Twitter Tweet

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

Bahraini mengatakan, ia menerima laporan bahwa petugas penegak hukum telah menahan perempuan itu di lokasi dan memindahkannya ke pusat penahanan terdekat.

"Tak ada informasi tentang nasibnya atau keberadaannya yang diumumkan secara publik," sebut Bahraini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA