Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akuisisi Agro oleh BRI Bebas Monopoli

Selasa, 14 Desember 2010 – 10:17 WIB
Akuisisi Agro oleh BRI Bebas Monopoli - JPNN.COM
JAKARTA - Keinginan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) untuk mengakuisisi mayoritas saham PT Bank Agroniaga Tbk (Agro) bisa segera terealisasi. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menjamin aksi itu tidak akan terjerat Undang Undang larangan persaingan usaha tidak sehat dan monopoli.

Kepala Biro Humas dan Hukum KPPU, Zaki Zein Badroen, mengatakan pihaknya telah melakukan penilaian awal atas permintaan konsultasi BRI dan hasilnya berdasarkan penghitungan indeks konsentrasi pasar (HHI), nilainya di bawah 1800. Sesuai dengan Pekom No.13/2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Tentang Penggabungan atau Peleburan Badan Usaha dan Pengambilalihan Saham Perusahaan yang Dapat Mengakibatkan Terjadinya Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, dimana indeks konsentrasi pasar atau HHI kurang dari 1800 artinya tidak terdapat kekhawatiran adanya Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

"Berdasarkan hasil Penilaian Awal tersebut, pada tanggal 3 Desember 2010 Komisi mengeluarkan pendapatnya bahwa tidak ada dugaan praktik monopoli atau persaingan usaha tidak sehat yang diakibatkan oleh rencana pengambilalihan saham PT Bank Agroniaga oleh PT Bank Rakyat Indonesia," kata Zaki dalam keterangan resmi, kemarin.

Selain itu, KPPU juga melakukan penilaian terhadap pasar produk dimana kedua bank sama-sama memiliki produk bank umum konvensional. Namun itu pun tidak menimbulkan permasalahan atau tidak melanggar UU nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

JAKARTA - Keinginan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) untuk mengakuisisi mayoritas saham PT Bank Agroniaga Tbk (Agro) bisa segera terealisasi. Komisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com
X Close