Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alat Berat Mulai Dikerahkan Menggali Lubang Makam untuk Jenazah Covid-19

Jumat, 16 Juli 2021 – 21:52 WIB
Alat Berat Mulai Dikerahkan Menggali Lubang Makam untuk Jenazah Covid-19 - JPNN.COM
Penggalian lubang makam untuk jenazah pasien COVID-19 di TPU Situ Gede Kota Bogor, menggunakan alat berat "bakhoe loader". (ANTARA/HO/Pemkot Bogor)

jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah Kota Bogor mulai mengerahkan alat berat untuk membantu petugas menggali lubang makan bagi warga yang meninggal akibat terpapar Covid-19.

Menurut Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, pengerahan alat berat berupa ekskavator untuk menggali lubang makam di TPU Situ Gede dan TPU Kayumanis itu terpaksa dilakukan dilakukan mengingat banyaknya pasien Covid-19 yang meninggal.

"Tingginya permintaan pemakaman untuk jenazah pasien Covid-19, maka kebutuhan penggalian lubang makam harus cepat dan banyak. Tidak bisa lagi secara manual. Saat ini telah menggunakan alat berat untuk kecepatan penggalian," ucap Dedie di Kota Bogor, Jumat (16/7).

Menurut Dedie, jenazah Covid-19 yang meninggal dunia tidak hanya pasien yang dirawat di rumah sakit (RS), tetapi juga yang meninggal saat menjalani isolasi mandiri atau isoman di rumah.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bogor, pada Jumat hari ini tercatat sembilan orang meninggal dunia.

Dengan tambahan tersebut, angka kematian pasien Covid-19 di Kota Bogor seluruhnya ada 315 orang.

Sementara berdasarkan data Tim Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah Covid-19 Kota Bogor yang dipimpin Rino Indira Gusniawan, mereka telah memulasara dan memakamkan 65 jenazah sejak tim itu dibentuk pada 4 Juli lalu.

Sebelumnya pada Kamis (15/7), Dedie menyampaikan pasien Covid-19 yang meninggal dunia meningkat, sedangkan tenaga penggali lubang makamnya terbatas sehingga mengalami kelelahan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bogor berencana meminta bantuan alat berat melalui DPR RI untuk ditempatkan di TPU lainnya guna pemakaman jenazah Covid-19. (antara/jpnn)

Alat berat terpaksa dikerahkan untuk menggali lubang kubur jenazah Covid-19 lantaran penggali kubur sudah kekelahan.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close