Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satpol PP Tampar Wanita Hamil, Sahroni: Rakyat Sudah Lapar, Dipukul Pula

Jumat, 16 Juli 2021 – 17:13 WIB
Satpol PP Tampar Wanita Hamil, Sahroni: Rakyat Sudah Lapar, Dipukul Pula - JPNN.COM
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni kecewa atas aksi petugas Satpol PP memukul wanita hamil saat razia PPKM mikro di Gowa, Sulsel. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyoroti fenomena tindak kekerasan yang dilakukan petugas saat penertiban pelanggar aturan PPKM di berbagai daerah.

Kasus terbaru yang menyita perhatian publik adalah aksi Satpol PP Gowa, Sulawesi Selatan memukul wanita hamil saat razia PPKM mikro di daerah setempat pada Rabu (14/7).

Menurut Sahroni, penertiban yang dilakukan seharusnya menggunakan cara yang lebih humanis dan mengedukasi, mengingat pelaku usaha juga tidak punya banyak pilihan demi memenuhi kebutuhan ekonomi selain dengan berdagang.

"Melihat banyak fenomena di masyarakat terkait cara aparat menertibkan warung dan rumah makan di berbagai daerah, jujur saya kecewa," kata Ahmad Sahroni dalam keterangannya, Jumat (16/7).

Legislator Partai NasDem itu bisa membayangkan bahwa kondisi masyarakat sudah sangat sulit karena adanya PPKM mikro hingga darurat yang membuat ekonomi mereka hancur.

"Jadi, tolonglah untuk para petugas di lapangan, jika memang ingin menertibkan warga, maka lakukan dengan humanis. Jangan arogan," ujar pria asal Tanjung Priok, Jakarta Utara itu.

Sahroni menilai pendekatan humanis penting untuk memberikan pengertian tentang aturan PPKM. Pada saat yang bersamaan juga menunjukkan respek petugas terhadap warga yang tengah kesusahan akibat pandemi Covid-19.

"Dalam kondisi seperti ini kita harus saling paham. Mungkin petugas bisa menertibkan dengan lebih humanis. Misalnya, dengan dijelaskan baik-baik dan diberi pengertian. Lagi pula kan dalam aturannya warung boleh buka, asal take away. Jadi, yang ditertibkan pengunjungnya, bukan menghajar warungnya," tutur Sahroni.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni kecewa atas aksi arogan petugas saat penertiban PPKM di Gowa, Sulsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close