Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alat Tes Buatan UGM Diakui Bisa Deteksi Virus Corona dalam Dua Menit

Senin, 04 Januari 2021 – 23:14 WIB
Alat Tes Buatan UGM Diakui Bisa Deteksi Virus Corona dalam Dua Menit - JPNN.COM
Profesor Kuwat Triyana mengatakan tes ini hanya memerlukan waktu 80 detik untuk mengetahui hasilnya. (Supplied)

Indonesia termasuk di antara beberapa negara di dunia yang sudah mengembangkan alat tes mendeteksi COVID-19 lewat pernapasan dengan hasil tes yang dikatakan bisa diketahui dalam waktu dua menit.

Alat deteksi GeNose dari UGM

 

Selain di Indonesia, peneliti dan perusahaan swasta di Singapura, Inggris, Prancis dan Australia sedang mengembangkan alat pendeteksi COVID-19 lewat pernapasan dengan teknologi yang sama atau mirip.

Di Indonesia, alat tes yang diberi nama GeNose C-19 yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sekarang sudah disetujui akan digunakan oleh Pemerintah Indonesia.

Alat yang menggunakan kecerdasan buatan, atau artificial intelligence (AI), dalam bentuk "hidung elektronik" akan bisa menganalisa sampel pernapasan dan mencari tahu apakah terdapat unsur yang hanya ada dalam virus COVID-19.

GeNose C-19 sekarang sedang diproduksi dan diperkirakan akan bisa digunakan mulai bulan Februari 2021.

Diharapkan test COVID-19 dalam jumlah besar-besaran bila dilakukan di rumah sakit, bandara, pelabuhan dan tempat-tempat umumya di berbagai daerah di Indonesia.

"Kita memerlukan alat tes yang lebih cepat guna mencegah adanya penularan," kata Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro.

Indonesia termasuk di antara beberapa negara di dunia yang sudah mengembangkan alat tes mendeteksi COVID-19 lewat pernapasan dengan hasil tes yang dikatakan bisa diketahui dalam waktu dua menit

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close