Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alhamdulillah, Percetakan Sawah di Daerah Ini sudah Menghijau

Selasa, 19 April 2016 – 07:31 WIB
Alhamdulillah, Percetakan Sawah di Daerah Ini sudah Menghijau - JPNN.COM
Asnidar, salah seorang petani sedang menulam bibit padi yang ditanam pakai sistem blower di desa Sungai Besar, Lingga, Propinsi Kepri, Minggu (17/4).f.Alhasbi/Batam Pos/JPG

jpnn.com - LINGGA - Percetakan sawah di desa Sungai Besar, kecamatan Lingga Utara, Kepri sudah menampakkan hasil. Seluas 19,5 Hektar lahan yang telah dibuka, menghijau dengan benih-benih padi yang ditebar Bupati Lingga, Alias Wello pada 24 Maret 2016 lalu.

Pantauan dilapangan, benih padi berbagai varian, seperti Inpari 15, 20, 23,25 27, dengan waktu panen 125 hari mulai tumbuh subur. Tingginya kini lebih kurang 20 cetimeter. 

Proses penanaman dengan berbagai cara baik konvensional, tradisonal maupun cara modren yakni sitem blower yang diterapkan, membuat dalam waktu sekejap lahan yang dulunya selalu terbakar saat musim kemarau dan banjir saat hujan telah tumbuh subur padi, untuk penguatan pangan Kepri.

Ambok Sulolipo, petugas teknis percetakan sawah yang ditemui saat meninjau sawah mengatakan, padi-padi yang mulai tinggi mulai ditanam. Disusun baris demi baris, mengisi lokasi yang masih kosong. 

"Prosesnya disulam lagi. Membuat lajur pembatas, agar mudah di berikan pupuk nanti," ungkap Pak Su, sapaan akrabnya seperti dikutip dari batampos.co.id (Jawa Pos Group).

Pria paruh baya asal Palu, Sulawesi Utara tersebut yang telah makan asam garam mencetak sawah menambahkan, saat ini sudah 19,5 Hektare lahan Sungai Besar sudah dibuka. 

Ia optimis, misi bupati dan warga Sungai Besar, menjadi desa mandiri dan salah satu penguatan pangan Kepri, akan berjalan mulus. Ditambah lagi, cuaca di Lingga yang kini musim hujan membuat penyemaian bibit padi berjalan dengan baik.

“Lima hektare yang ditanam tanggal 24 Maret kemarin, sudah tinggi padinya. 14,5 Hektar lagi baru dibuka, juga sudah ditanami warga," tambahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close