Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aliansi Mahasiswa Jakarta Gelar Aksi, Reza: Kami Berharap MA Melakukan Pembenahan Internal

Minggu, 15 September 2024 – 08:42 WIB
Aliansi Mahasiswa Jakarta Gelar Aksi, Reza: Kami Berharap MA Melakukan Pembenahan Internal - JPNN.COM
Sejumlah mahasiswa yang menamakan dirinya Aliansi Mahasiswa Jakarta menggelar aksi di depan Gedung KPK, Jakarta pada Kamis (12/9/2024). Foto: Humas AMJ

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah mahasiswa yang menamakan dirinya Aliansi Mahasiswa Jakarta menggelar aksi di depan Gedung KPK, Jakarta pada Kamis (12/9/2024) untuk menuntut pengusutan terhadap beberapa kasus di MA.

Koordinator Aliansi Mahasiswa Jakarta Reza Prastia menyatakan MA masih memiliki kesempatan untuk membuktikan komitmennya terhadap penegakan hukum yang adil dan bersih.

Menurut dia, publik berharap agar MA mampu melakukan pembenahan internal.

“Mahkamah Agung agar segera melakukan penyelesaian pembenahan institusinya secara terbuka untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan tertinggi ini,” ujar Reza dalam keterangan tertulis pada Minggu (15/9).

Dia menjelaskan adanya desakan publik agar MA dapat segera mereformasi kelembagaan buntut berbagai isu dugaan pelanggaran profesionalitas.

"Kami menuntut reformasi menyeluruh dalam pengelolaan keuangan di MA serta penegakan etika yang lebih kuat. Ini kesempatan bagi Mahkamah Agung untuk kembali menunjukkan integritasnya sebagai pilar keadilan di Indonesia," ujar Reza.

Menurut Reza, ada dugaan pelanggaran yang terjadi di lembaga peradilan tertinggi di Indonesia itu termasuk adanya dugaan korupsi.

Dia bersama elemen mahasiswa yang tergabung Aliansi Mahasiswa Jakarta akan mengawal muruah MA.

Aliansi Mahasiswa Jakarta menggelar aksi di depan Gedung KPK, Jakarta pada Kamis (12/9/2024) untuk menuntut pengusutan terhadap beberapa kasus di MA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA