Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alih Fungsi Hutan Memperparah Dampak Longsor di Bandung Barat

Kamis, 28 Maret 2024 – 14:13 WIB
Alih Fungsi Hutan Memperparah Dampak Longsor di Bandung Barat - JPNN.COM
Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan foto visualisasi drone kondisi perbukitan Cibenda, Cipongkor, Bandung Barat, Jawa Barat setelah dan sebelum dilanda bencana longsor dalam siaran daring bertajuk 'Disaster news update' yang dipantau dari Jakarta, Kamis (28/3/2024) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

jpnn.com - JAKARTA - Alih fungsi hutan menjadi salah satu penyebab dampak longsor di di Cipongkor dan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat makin parah.

Bencana longsor telah mengakibatkan sejumlah korban meninggal dunia, ratusan unit rumah rusak dan ribuan warga mengungsi.

Demikian dikemukakan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Kamis (28/3).

Dia mengatakan berdasarkan citra satelit dan visualisasi pesawat tanpa awak (drone), terlihat beberapa area hutan di bagian atas perbukitan Cibenda, Cipongkor telah beralih fungsi menjadi lahan pertanian dan persawahan.

Selanjutnya, vegetasi hutan rimbun yang ada pada sisi Barat Daya dan Timur Laut perbukitan Cibenda juga tampak telah ditanami tanaman hortikultura.

"Perubahan itu mengakibatkan hilangnya vegetasi yang berperan penting dalam menjaga stabilitas tanah. Saat dilanda hujan tanah menjadi longsor dan menimbun permukiman penduduk yang tepat di bawah bukit," ujarnya.

Abdul lebih lanjut mengatakan alih fungsi hutan untuk lahan pertanian tidak dilarang, tetapi harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan disertai rekayasa teknis untuk mencegah terjadinya bencana.

Dari analisis yang dilakukan BNPB diketahui persawahan di kawasan terdampak longsor menerapkan sistem terasering tradisional untuk mencegah erosi atau pengikisan tanah.

Alih fungsi hutan dianggap sebagai salah satu penyebab yang memperparah dampak longsor di Bandung Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close