Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Amanat Panglima TNI, Seluruh Matra Jalankan Operasi Militer

Selasa, 21 April 2020 – 07:02 WIB
Amanat Panglima TNI, Seluruh Matra Jalankan Operasi Militer - JPNN.COM
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Dalam sebuah amanat tertulis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, menginstruksikan ke seluruh matra TNI untuk melakukan operasi militer selain perang, dalam penanganan pandemi virus corona di tanah air.

Amanat tersebut menuntut seluruh matra bersinergi, misalnya dalam penanganan medis, pengamanan wilayah dan pengamanan perbatasan, serta dukungan yang diberikan terintegrasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

Panglima TNI juga mengatakan bahwa saat ini sinergi dan kerja sama lintas kementerian dan lembaga makin mengemuka, mengingat setiap komponen masyarakat memiliki pengaruh dan peranan.

Untuk itu, tiap-tiap matra, yakni angkatan darat (AD), angkatan laut (AL), dan angkatan udara (AU) memiliki bagian pada setiap operasi dan di masa yang akan datang akan semakin menonjol.

Menurut Hadi dalam keterangan resmi, globalisasi kehidupan manusia yang selama ini membuka peluang ekonomi secara besar telah menjadi bumerang karena memungkinkan penyebaran virus secara masif, luas, dan cepat.

Oleh karena itulah, kata dia, menjadi tantangan bagi TNI dan seluruh perwira sebagai calon-calon pimpinan TNI untuk dapat membaca perkembangan dunia dan menjadikan TNI siap dan mampu melaksanakan tugas pokoknya dengan paripurna.

Diakuinya, situasi saat ini sesungguhnya menjadi ujian bagi sistem pertahanan semesta yang dianut TNI, mengingat Virus Corona yang menjadi pandemi ini sebenarnya sudah diperkirakan sejak beberapa dasawarsa yang lalu, tetapi karena tidak tampak nyata, dunia tidak siap.

Namun, Panglima TNI menegaskan bahwa institusi TNI harus siap dalam menghadapi setiap spektrum ancaman yang dapat terjadi pada masa mendatang.

Dalam amanat tertulis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, menginstruksikan ke seluruh matra TNI menjalankan tindakan terintegrasi dalam penanganan corona di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close