Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AMDK Isi Ulang Sebabkan Autisme? Cermati Penjelasan Guru Besar UI

Senin, 21 Agustus 2023 – 21:10 WIB
AMDK Isi Ulang Sebabkan Autisme? Cermati Penjelasan Guru Besar UI - JPNN.COM
Guru Besar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr.dr. Rini Sekartini , Sp.A (K) . Foto dok. Tim Humas

jpnn.com, JAKARTA - Isu air minum dalam kemasan (AMDK) isi ulang ada kaitannya dengan gangguan kesehatan anak masih ramai dibahas publik.

Sejumlah pakar kesehatan pun sudah membantahnya. Nah, sekarang giliran Prof. Dr.dr. Rini Sekartini , Sp.A (K) yang berbicara.

Menurut Guru Besar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) ini tidak ada kaitannya sama sekali air AMDK galon isi ulang dengan penyebab autisme pada anak-anak.

"Hingga saat ini belum ada satupun penelitian yang mengungkap penyebab pasti terjadinya anak menderita autis," kata Prof. Rini usai memberikan paparan di acara Edukasi Sekolah Inklusi Peduli Autism Spectrum Disorder (ASD) di Sekolah Nasional Plus Tunas Global Depok, baru-baru ini. 

Dia menyebutkan penyebab autis itu masih multifaktor, seperti faktor genetik dan lingkungan. Ada juga karena infeksi masa lampau, dan itu bisa terjadi. 

Namun, tegasnya, yang pasti air galon isi ulang tidak menjadi penyebab autis. Itu sudah pasti salah.

Menurutnya AMDK galon isi ulang itu justru sangat baik untuk kesehatan karena mengandung mineral yang sangat dibutuhkan tubuh manusia.

Kalau dikatakan bisa menyebabkan autis, seharusnya sudah banyak anak di Indonesia yang menderita autis karena yang minum air galon kan banyak. 

Benarkah AMDK isi ulang sebabkan autisme? Guru Besar UI dari Fakultas Kedokteran memberikan penjelasan 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close