Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Amerika Klaim Kapal Selam Nuklir AUKUS Bikin Indo-Pasifik Aman dan Makmur

Selasa, 14 Maret 2023 – 23:50 WIB
Amerika Klaim Kapal Selam Nuklir AUKUS Bikin Indo-Pasifik Aman dan Makmur - JPNN.COM
Ilustrasi - Kapal selam nuklir kelas Astute buatan Inggris. Foto: PAUL ELLIS / AFP

jpnn.com, JAKARTA - Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel J. Kritenbrink mengatakan Kemitraan Australia-Inggris-Amerika Serikat (AUKUS) adalah untuk mempromosikan Indo-Pasifik yang aman dan makmur.

"Untuk memajukan tujuan kita bersama mempromosikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, aman dan sejahtera," kata Kritenbrink dalam konferensi pers daring yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan saat Kritenbrink mengumumkan rencana Australia memiliki kapal selam bertenaga nuklir berpersenjataan konvensional di bawah Kemitraan AUKUS.

Kritenbrink mengatakan bahwa melalui kemitraan tersebut, ketiga negara akan memanfaatkan teknologi terbaik dan kecekatan ketiganya dalam merancang kapal selam kelas baru untuk digunakan Australia dan Inggris.

Kritenbrink juga mengatakan kemitraan itu untuk membantu Australia dalam memodernisasi armada kapal selamnya sehingga menggunakan teknologi kapal selam bertenaga nuklir yang sama seperti yang digunakan India, China, Prancis, Inggris, Rusia dan AS di kawasan.

Kemitraan itu juga untuk memperkuat peluang ekonomi ketiga negara.

Atas dasar komitmen bersama untuk keamanan dan stabilitas global, kemitraan AUKUS memperdalam Kerja Sama Keamanan dan Pertahanan Diplomatik mereka di kawasan Indo-Pasifik.

"Sejalan dengan visi Presiden Biden untuk bekerja dengan sekutu untuk mengatasi tantangan global, AUKUS menjalin ikatan dengan mitra kami di Eropa dan Asia, menyadari bahwa dunia kita semakin terhubung," kata Kritenbrink.

Australia akan memiliki kapal selam bertenaga nuklir berpersenjataan konvensional di bawah Kemitraan AUKUS bersama Inggris dan Amerika Serikat

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close