Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Amerika Punya Peluncur Tomahawk Anyar, Indo-Pasifik Bakal Makin Panas

Senin, 08 April 2024 – 16:31 WIB
Amerika Punya Peluncur Tomahawk Anyar, Indo-Pasifik Bakal Makin Panas - JPNN.COM
Misil Tomahawk. Foto: CNN

jpnn.com, WASHINGTON DC - AS akan mengerahkan peluncur darat yang mampu menembakkan rudal SM-6 dan Tomahawk di kawasan Indo-Pasifik “segera” untuk mengatasi “meningkatnya ancaman keamanan,” di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan tersebut, Minggu (7/4).

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Yonhap saat kunjungannya ke Korea Selatan, Jenderal Charles Flynn, komandan Angkatan Darat AS di Pasifik, mengatakan bahwa tentara AS telah mengembangkan "tembakan presisi jarak jauh."

Dia menyebutkan bahwa pencegat SM-6 dan serangan maritim Tomahawk merupakan rudal yang dapat diluncurkan dari sistem peluncuran baru.

Pengumuman tersebut menandai konfirmasi pertama mengenai jenis sistem persenjataan yang akan digunakan di wilayah tersebut pada tahun ini.

Sistem persenjataan itu akan dikerahkan di wilayah tersebut untuk pertama kalinya sejak AS dan bekas Uni Soviet menandatangani perjanjian pada tahun 1987 untuk menghapuskan Pasukan Nuklir Jarak Menengah (INF).

AS menarik diri dari perjanjian INF pada 2019, dengan alasan dugaan pelanggaran oleh Rusia.

Angkatan Darat AS telah mengembangkan dan mengerahkan rudal jarak menengah baru di tengah meningkatnya pengaruh China di kawasan Indo-Pasifik.

“Sistem itu akan segera diterapkan di wilayah tersebut. Ke mana dan kapan sistem itu akan dikirim, saya tidak akan membicarakannya sekarang,” kata Flynn.

komandan Angkatan Darat AS di Pasifik, mengatakan bahwa tentara AS telah mengembangkan "tembakan presisi jarak jauh."

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close