Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak Buah Anies Baswedan Jelaskan Penyebab Banjir di RSCM

Minggu, 23 Februari 2020 – 19:18 WIB
Anak Buah Anies Baswedan Jelaskan Penyebab Banjir di RSCM - JPNN.COM
Kondisi terbaru ruang radiologi di RSCM pascagenangan surut, Minggu (23/2). Foto: ANTARA/ Livia Kristianti

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengungkapkan penyebab banjir di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) pagi tadi, Minggu (23/2). Menurut anak buah Anies Baswedan itu, kapasitas tampung saluran pembuangan RSCM terlalu kecil.

"Saluran ke pembuangan itu pipanya terlalu kecil. Jadi sementara kita menempatkan unit portabel untuk membikin rekayasa baru lagi," kata Satriadi usai mengecek kondisi genangan di RSCM.

Menurut Satriadi saluran air itu berada di taman yang dekat dengan ruang Departemen Radiologi tempat menyimpan banyak alat medis.

Saluran air itu memiliki diameter yang kecil sehingga ketika hujan lebat turun, air yang tidak tertampung akhirnya meluap dan menyebabkan genangan seperti yang terjadi pada Minggu dini hari.

Genangan yang terjadi di RSCM murni karena saluran yang terlalu kecil untuk menampung curah hujan yang mengguyur Jakarta dini hari tadi.

"Tidak ada sumbatan, ini murni karena salurannya kecil. Airnya tadi saya cek bening kok tidak tercemar artinya murni genangan dari air hujan," kata Satriadi.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Satriadi menyiapkan satu buah pompa portabel di dekat taman yang menyebabkan genangan di RSCM.

"Nanti seandainya ada curah hujan yang tinggi lagi, saya sudah latih mereka mengoperasikannya," kata Satriadi. (ant/dil/jpnn)

Anak buah Anies Baswedan, Satriadi Gunawan mengungkapkan penyebab banjir di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Minggu (23/2)

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close