Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banjir Merendam Beberapa Wilayah di Jakarta Pagi Ini

Sabtu, 25 Mei 2024 – 09:45 WIB
Banjir Merendam Beberapa Wilayah di Jakarta Pagi Ini - JPNN.COM
Petugas BPBD DKI memantau banjir di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (25/5/2024) ANTARA/HO-BPBD DKI

jpnn.com, JAKARTA - Banjir merendam 16 RT pada Sabtu pukul 06.00 WIB akibat hujan yang melanda sebagian wilayah DKI Jakarta.

"BPBD mencatat terjadi kenaikan genangan dari 12 RT menjadi 16 RT atau 0,052 persen dari 30.772 RT yang ada di seluruh DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan, Sabtu.

Isnawa menuturkan terdapat tiga RT di wilayah Jakarta Utara yang mengalami banjir akibat pasang laut (rob), yakni dua RT di Pluit dengan ketinggian 15 hingga 40 centimeter (cm) dan satu RT di Penjaringan dengan ketinggian 10 cm.

BPBD DKI Jakarta juga melaporkan 13 RT terkena dampak banjir akibat luapan Kali Ciliwung yakni lima RT di wilayah Jakarta Selatan yang terdiri dari empat RT di Pejaten Timur dengan ketinggian 160 hingga 190 cm dan satu RT di Rawajati dengan ketinggian 60 cm.

Selanjutnya, delapan RT di wilayah Jakarta Timur yang terdiri empat RT di Bidara Cina dengan ketinggian 40 hingga 80 cm, tiga RT di Cawang dengan ketinggian 30 hingga 80 cm, dan satu RT di Balekambang dengan ketinggian 60 cm.

"Jalan tergenang yang sudah surut yakni Jalan RE Martadinata (depan JIS), Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara dan Jalan Deli, Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara," ujarnya.

BMKG sebelumnya mengeluarkan peringatan dini melalui siaran pers mengenai potensi banjir pesisir (rob) pada 21-29 Mei 2024 akibat fenomena fase bulan baru pada tanggal 21 Mei 2024.

Fenomena itu berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir utara Jakarta.

Banjir merendam 16 RT pada Sabtu pukul 06.00 WIB akibat hujan yang melanda sebagian wilayah DKI Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close