Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak Buah Juliari Mengaku Beri Rp3 Miliar Fee Dana Bansos Covid-19 untuk Hotma Sitompul

Senin, 08 Maret 2021 – 18:58 WIB
Anak Buah Juliari Mengaku Beri Rp3 Miliar Fee Dana Bansos Covid-19 untuk Hotma Sitompul - JPNN.COM
Tersangka mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara tiba untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (29/1/2021). Juliari termasuk tahanan yang telah divaksinasi Covid-19. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Biro Umum Kementerian Sosial (Kemensos) Adi Wahyono menjadi saksi dalam sidang atas terdakwa Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (8/3).

Dalam sidang, Adi mengungkapkan nama advokat Hotma Sitompul yang menerima aliran dana Rp3 miliar yang bersumber dari fee vendor bansos Covid-19.

Awalnya, anak buah eks Menteri Sosial Juliari P Batubara itu berbelit-belit menjawab pertanyaan jaksa KPK soal permintaan atasannya.

Namun, setelah jaksa memintanya terbuka, Adi akhirnya mengakui adanya transaksi pemberian fee tersebut..

Pria yang juga berstatus tersangka di kasus tersebut mengaku mendapat perintah dari Juliari untuk menyiapkan sejumlah uang keperluan khusus.

Di antaranya dana untuk membeli tiket penerbangan Jakarta-Semarang dan membayar pengacara.

Menurut Adi, sang atasan ingin memberikan bantuan advokasi untuk seorang anak yang tersangkut kasus hukum.

"Anak yang disidangkan di Pengadilan Tangerang itu tidak ada pengacaranya, makanya Pak Menteri meminta untuk didampingi pengacara," jelas Adi.

Jaksa kemudian menanyakan identitas pengacara yang menerima uang tersebut. Adi menjawab Hotma Sitompul. "Sebesar Rp 3 miliar," kata Adi.

Adi mengaku langsung menyerahkan duit itu utuh pada Hotma

Dia juga mengakui Juliari memintanya mengutip fee dari vendor yang memegang proyek pengadaan bansos Covid-19. (tan/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Anak buah Juliari mengungkapkan penyerahan uang dari hasil suap dana Bansos Covid-19 untuk Jabodetabek pada 2020 untuk Hotma Sitompul.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close