Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wow, Duit Ratusan Juta Berseliweran di Rekening Office Boy di Kantor Juliari Batubara

Rabu, 19 Mei 2021 – 22:31 WIB
Wow, Duit Ratusan Juta Berseliweran di Rekening Office Boy di Kantor Juliari Batubara - JPNN.COM
Mantan Mensos Juliari P Batubara di KPK. Foto: ANTARA/Galih Pradipta

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Pribadi Juliari P Batubara, Selvy Nurbaity membenarkan pernah menerima uang setidaknya dari empat office boy (OB) di Kementerian Sosial (Kemensos). Angka transfer uang dari empat OB itu nominalnya variatif, dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Selvy mengatakan, salah satunya ialah OB Fitra Yusuf Safrizal. Selvy mengeklaim bahwa uang tersebut merupakan uang operasional untuk eks Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara itu.

"Dana operasional menteri atau DOM," kata Selvy saat bersaksi untuk terdakwa Juliari di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (19/5).

Mendengar itu, jaksa penuntut umum (JPU) lantas terkejut. Sebab, bagaimana bisa seorang OB yang menyalurkan DOM untuk Juliari.

Menurut Selvy, hal itu memang keputusannya menitipkan uang DOM kepada OB untuk selanjutnya ditransfer kembali. "Jadi kalau ada keperluan Pak Menteri, saya bisa langsung transfer dan saya tidak perlu ke bank," tambah Selvy.

Selvy mengaku selama Juliari menjabat sebagai menteri tidak pernah melakukan transfer ke rekening politikus PDI Perjuangan itu. Namun, dia mengeklaim uang tersebut tidak dia ambil untuk kepentingan pribadinya. "Rata-rata untuk keperluan Pak Menteri," kata Selvy.

Selain itu, Selvy juga tercatat memiliki tiga rekening bank. Dalam catatan masuk uang di rekening bank itu tercatat Pitra Yusuf mengirim uang beberapa bulan sekali bahkan tiap minggu dengan jumlah yang berbeda mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta. Setidaknya ada Rp 100 juta, Rp 50 juta, dan Rp 45 juta.

Berdasarkan barang bukti yang dikantongi jaksa KPK, ternyata Fitra Yusuf bukan satu-satunya OB Kemensos yang mengirim uang ke Selvy. Ada tiga OB lagi yang mengirim uang ke Selvy, yakni Agus Gunawan, M Arifin, dan Risnawati, mereka mengirim uang pada sekitar 2020.

Sekretaris Pribadi Juliari P Batubara, Selvy Nurbaity membenarkan pernah menerima uang setidaknya dari empat office boy (OB) di Kementerian Sosial (Kemensos). Angkanya ada yang ratusan juta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close