Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak PAUD Prestasinya akan Lebih Baik Dibandingkan Langsung SD

Rabu, 22 Juli 2020 – 10:26 WIB
Anak PAUD Prestasinya akan Lebih Baik Dibandingkan Langsung SD - JPNN.COM
Siswa SD. Ilustrasi Foto: Mesya Mohammad/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan langkah awal yang penting bagi anak untuk mempersiapkannya memasuki dunia pendidikan. Orang tua pun perlu terlibat penuh dalam setiap prosesnya, terutama ketika anak harus belajar dari rumah karena kondisi pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) seperti saat ini.

"Pendidikan anak pada usia dini sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangannya. Meskipun saat ini harus belajar dari rumah, penting bagi orang tua dan guru agar dapat bekerja sama dengan baik untuk mewujudkan pendidikan terbaik bagi anak," kata Direktur PAUD Kemendikbud Muhammad Hasbi, baru-baru ini

Dia menambahkan, PAUD turut menentukan prestasi anak di kemudian hari. Anak yang ikut PAUD minimal satu tahun sebelum SD, bisa dibilang prestasinya akan lebih baik dibandingkan anak yang tidak ikut PAUD.

"Melalui PAUD kecerdasan dan karakter anak dapat ditingkatkan," ujarnya.

Sri Fitriani, orang tua murid yang berasal dari Lombok Barat mengatakan, kepedulian orang tua menjadi faktor utama keberhasilan anak dalam belajar. “Anak-anak yang hebat terlahir dari orang tua yang peduli” tuturnya.

Namun ibu dari tiga anak ini juga mengakui, bimbingan guru PAUD bagi dirinya sebagai orang tua turut berpengaruh. Melalui Rencana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), dia merasa terbantu dalam mendidik anaknya dari rumah.

Senada dengan Sri Fitriani, Wempi Marot dari PAUD Anak Soleh, Malang, Jawa Timur mengatakan, sudah seharusnya orang tua bisa bekerja sama dengan guru dalam membentuk pola mendidik yang terbaik bagi anak di rumah.

Pola tersebut pun harus tetap sesuai dengan RPPH. Selain itu, Wempi juga menekankan lima hal yang patut menjadi perhatian orang tua dalam mendidik anak pada masa pandemi ini.

Direktur PAUD Kemendikbud Muhammad Hasbi meyakni, jenjang PAUD bisa meningkatkan kemampuan anak ketika masuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close