Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak Sungai Cinambo Tercemar BBM

Jumat, 17 April 2020 – 10:43 WIB
Anak Sungai Cinambo Tercemar BBM - JPNN.COM
Petugas Pertamina melakukan pembersihan sisa lapisan minyak di anak Sungai Cinambo, Kota Bandung. Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

jpnn.com, BANDUNG - Pertamina berupaya maksimal membersihkan sisa lapisan minyak yang berada di anak Sungai Cinambo, Kota Bandung.

Unit Manager Communication Relations & CSR Marketing Operation Region (MOR) III Pertamina, Dewi Sri Utami mengatakan langkah-langkah penanganan dilakukan Pertamina baik di dalam lokasi Fuel Terminal Bandung Group maupun di luar lokasi Fuel Terminal.

Salah satunya yakni melokalisir minyak dengan snake oil sorbent, membuat pagar pembatas, serta melakukan penggalian di dalam lokasi Fuel Terminal.

“Dengan langkah ini, kami telah mengisolir sumber rembesan minyak tersebut, sehingga minyak tidak lagi tercecer ke saluran anak Sungai Cinambo,” kata Dewi di Bandung, Kamis (16/4).

Dalam situasi kedaruratan virus corona yang mengharuskan pembatasan sosial dilakukan, tim Health Safety Security and Environment (HSSE) dan tim teknis Fuel Terminal (Terminal BBM) Bandung Group, saat ini masih melakukan penanganan untuk memastikan minyak yang sempat merembes ke area anak sungai terdampak dapat dibersihkan dengan maksimal.

Dewi menyampaikan, pihaknya menyesalkan kejadian tersebut dan meminta maaf atas kejadian yang bermula terjadi pada Minggu (12/4) malam.

Dari adanya laporan kejadian tersebut, tim Pertamina sigap memeriksa sekitar area operasional Fuel Terminal Bandung Group – Ujungberung. Pemeriksaan pada lokasi Oil Catcher menunjukkan kondisi aman, tidak ditemukan pertanda kebocoran BBM.

Pengecekan dilanjutkan ke area lain, namun kondisi hujan deras menyebabkan pemeriksaan dihentikan sementara. Pemeriksaan ini berlanjut pada Senin pagi (13/4), dari pemeriksaan di areal terminal, ditemukan rembesan BBM pada pada area Rumah Gravito 1.

Pertamina berupaya membersihkan sisa lapisan minyak yang berada di anak Sungai Cinambo, Kota Bandung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close