Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Analisis Prof Salim Said Terkait Kemungkinan TNI Kembali Ditarik ke Politik

Kamis, 26 November 2020 – 08:19 WIB
Analisis Prof Salim Said Terkait Kemungkinan TNI Kembali Ditarik ke Politik - JPNN.COM
Prof Salim Said, pengamat militer. foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Belakangan ini TNI menjadi sorotan masyarakat karena terlibat dalam penertiban baliho Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Ada anggapan TNI mulai ditarik dalan urusan politik.

Menurut Prof Salim Said, pengamat militer dari Universitas Pertahanan, TNI akan kembali berpolitik atau tidak semua tergantung rakyat Indonesia. Dalam sejarah Indonesia, tentara pernah terlibat politik karena otoritas sipil tidak mengelola Indonesia dengan benar. Karena fragmented society maka tentara diundang, disedot, masuk ke dalam politik.

"Banyak pertanyaan yang sering disampaikan ke saya, apakah TNI akan kembali ke politik. Kalau saya ditanya anggota DPR, MPR, politisi, jawaban saya sama, kembali kepada Anda," kata Prof Salim dalam kanal Hersubeno Point di YouTube.

Dia menambahkan sekarang tentara sudah tidak masuk politik. Yang jadi pertanyaan, apakah akan kembali? Jawabannya kata Salim Said, kalau masyarakat sipil Indonesia tidak bisa mengelola dengan baik, maka bisa mengundang tentara untuk mengelola. Ini seperti yang terjadi di Mesir dan Thailand.

Sama seperti kedudukan polisi yang dinilai dominan. Menurut Salim, polisi adalah aparat yang tunduk pada keputusan negara dan pemerintah.

"Jadi kalau masyarakat kesal melihat terlalu banyak polisi berada di pekerjaan non-polisi, semestinya yang dikritik itu pemerintah, bukan polisinya," ujarnya.

Dia melanjutkan, sama dengan tentara di era pemerintahan Soeharto. Dulu banyak tentara di pekerjaan sipil, itu karena keputusan presiden. Kenapa presiden berbuat begitu karena presiden itu kuat.

"Presiden Soeharto itu kuat karena beliau itu ketua partai terbesar terkuat," ucapnya.

Pengamat militer Prof Salim Said memberikan analisisnya tentang kemungkinan masuknya TNI ke politik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close