Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Andai Mas AHY Diam Saja, Nasib Demokrat Bisa Tragis, Remuk

Rabu, 03 Februari 2021 – 15:07 WIB
Andai Mas AHY Diam Saja, Nasib Demokrat Bisa Tragis, Remuk - JPNN.COM
Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY secara terbuka menyatakan ada upaya pengambilalihan paksa kursi ketum PD.

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai langkah AHY mengumumkan ke publik bahwa ada upaya kudeta terhadap pimpinan Partai Demokrat sudah tepat.

"Langkah Partai Demokrat dengan cepat melakukan konferensi pers sudah tepat, kalau tidak diatasi dengan cepat, bukan tidak mungkin nasib Demokrat bisa tragis," kata Pangi dalam keterangannya, Rabu (3/2).

Politik belah bambu, begitu kata Pangi, bisa saja dialami oleh Partai Demokrat sama seperti sejumlah partai lainnya yang pernah dikudeta melalui dualisme kepengurusan dan legitimasi pengesahan SK Kemenkumham.

"Polanya sebenarnya sama, memanfaatkan eks kader yang kecewa dan dipecat, mengambil dan memanfaatkan momentum benturan faksi yang kian mengeras," ujar Pangi.

"Menyelenggarakan munaslub, Kemenkumham yang mengesahkan kepengurusan yang sah (SK) sesuai selera chemestry kekuasaan, cenderung partai oposisi menjadi target," sambung Pangi.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu menambahkan bahwa kasus upaya pengambilalihan paksa ini bisa menjadi peringatan dan pembelajaran bagi oknum yang ingin melakukannya.

Di mana, kudetan atau upaya ambil paksa kekuasaan partai politik bisa dihentikan.

AHY mengumumkan ke publik bahwa ada upaya kudeta terhadap ketum Partai Demokrat, simak komentar Pangi Syarwi Chaniago.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close