Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Andrea Dian Rupanya Juga Idap Penyakit Autoimun

Jumat, 27 Maret 2020 – 12:22 WIB
Andrea Dian Rupanya Juga Idap Penyakit Autoimun - JPNN.COM
Andrea Dian. Foto Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Andrea Dian pada 22 Maret lalu mengungkapkan bahwa dirinya dinyatakan positif corona.

Tak hanya itu, Andrea juga mengungkapkan bahwa dirinya punya kondisi autoimun, yang membuatnya harus menjaga kesehatan dengan (ekstra) baik agar sistem imunnya tetap bekerja dengan semestinya.

Penyakit autoimun merupakan kondisi sistem kekebalan tubuh seseorang yang seharusnya melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri justru menyerang antibodinya sendiri karena dianggap sebagai benda asing.

Benarkah virus corona bisa memperparah penyakit autoimun?

Dari KlikDokter, dr. Chaerunisa Utami menjelaskan, orang yang memiliki kondisi autoimun memang lebih rentan terkena coronavirus ketimbang orang lain yang tidak memiliki kondisi tersebut.

“Orang yang memiliki autoimun, kan, sistem imunnya rendah. Bahkan, sistem imunnya menyerang sel-sel dalam tubuh yang sebenarnya baik. Jadi, bukan tidak mungkin kondisi tersebut akan memburuk ketika ada virus corona dalam tubuh pasien, ” ujar dr. Chaerunisa kepada KlikDokter.

Namun, dr. Chaerunisa juga menegaskan, buruk atau tidaknya kondisi autoimun ini hanya bisa dipastikan lewat sejumlah tes yang dilakukan di rumah sakit.

Jika pasien tetap mengikuti prosedur perawatan yang ditentukan dan tetap mengonsumsi makanan, minuman, dan vitamin secara teratur, maka kondisi autoimun tidak akan makin buruk.

loading...