Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Angela Beber 5 Langkah Konkret Dongkrak Devisa Pariwisata

Kamis, 12 Desember 2019 – 22:23 WIB
Angela Beber 5 Langkah Konkret Dongkrak Devisa Pariwisata - JPNN.COM
Angela Tanoesoedibjo. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) akan menggalakkan lima langkah konkret guna mendongkrak sumbangan devisa dari sektor pariwisata terhadap perekonomian nasional.  

"Sektor pariwisata ditunjuk Pak Presiden sebagai leading sector. Ada 5 langkah konkret yang bisa kita lakukan bersama-sama untuk menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia, meningkatkan jumlah spending dan lama mereka stay di Indonesia," ujar Wakil Menteri Parekraf Republik Indonesia Angela Tanoesoedibjo.

Hal itu diungkapkannya saat menjadi keynote speaker "Tantangan dan Peluang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Era Industri Teknologi" dalam peresmian Institut Bisnis & Informatika (IBI) Kesatuan di Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).

Berdasarkan data statistik United Nation World Tourism Organization (UNWTO), terdapat 1,4 miliar jiwa yang bepergian ke seluruh penjuru dunia sepanjang 2018.

Sebanyak 129,2 juta jiwa di antaranya bepergian ke negara-negara ASEAN. Namun, hanya 15,8 juta jiwa yang ke Indonesia. Ini menempatkan Indonesia di posisi keempat, di bawah Thailand, Malaysia dan Singapura.

"Jadi, potensi pariwisata kita masih sangat besar. Apalagi, aset kita jauh lebih besar lagi yang belum dieksplorasi," tuturnya.

Targetnya, bukan hanya mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Indonesia, tetapi juga meningkatkan waktu stay dan pengeluaran wisatawan selama di Indonesia.

 "Tidak hanya kuantitas, tetapi kualitas wisatawan. Jadi, yang kita utamakan, devisa yang kita dapatkan dari wisatawan tersebut," kata Angela.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) akan menggalakkan lima langkah konkret guna mendongkrak sumbangan devisa dari sektor pariwisata terhadap perekonomian nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close