Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anggaran Terbesar, Target untuk Capai Standar Minimal Kekuatan

Sabtu, 17 Agustus 2013 – 20:54 WIB
Anggaran Terbesar, Target untuk Capai Standar Minimal Kekuatan - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA--Kementerian Pertahanan mendapatkan alokasi anggaran terbesar dibandingkan kementerian lain untuk pagu anggaran 2014. Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2014, pemerintah mengalokasikan Rp83,4 triliun untuk Kementerian Pertahanan.

Menurut Menhan Purnomo Yusgiantoro anggaran kementeriannya lebih besar karena juga termasuk anggaran untuk pegawai di lapangan.

"Anggaran besar itu karena anggaran belanja pegawai di lapangan juga besar dan sekarang  kita mencoba memaksimalkan belanja modal ini untuk pembangunan kekuatan kita," ujar Menhan di kompleks Istana Negara, Jakarta, Sabtu, (17/8).

Menhan tidak merinci belanja pegawai seperti apa yang membutuhkan dana lebih besar tersebut.

Ia menuturkan, pemerintah saat ini juga ingin memperkuat pertahanan negara melalui Minimum Essential Force (MEF) tahun 2024. Di mana ada standar khusus minimal kekuatan pertahanan sebuah negara.

Ia berharap dengan anggaran itu, Indonesia dapat mencapai target 30 persen untuk MEF. Menhan menyatakan pertahanan yang kuat bagian dari penangkalan terhadap ancaman dari luar.

"Contohnya F16 rencana kita hanya mendapat tambahan enam selama kabinet ini ternyata kita sekarang mendapat tambahan 24. Itu kan cukup banyak," kata dia. (flo/jpnn)

 

JAKARTA--Kementerian Pertahanan mendapatkan alokasi anggaran terbesar dibandingkan kementerian lain untuk pagu anggaran 2014. Dalam Rancangan Anggaran

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA