Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Angka Pertama Selalu Mudah

Senin, 09 Desember 2013 – 09:15 WIB
Angka Pertama Selalu Mudah - JPNN.COM
Rahmat Darmawan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - YANGON - Indonesia akan mengawali perjuangannya merebut medali emas dalam SEA Games 2013 ini. Sore nanti, skuad Garuda Muda menjalani pertandingan perdananya di dalam babak penyisihan Grup B melawan Kamboja, di Thuwunna Youth Training Center (YTC) Stadium, Yangon, Myanmar.

 

Tiga angka dibutuhkan Indonesia untuk menguntit dua negara unggulan dari Grup B lainnya, tuan rumah Myanmar dan tim kuat Thailand. Kedua negara itu sudah mampu memenangi laga perdananya sama-sama dengan skor besar. Myanmar menghantam Kamboja tiga gol tanpa balas, dan Thailand menang 3-1 atas Timor Leste.

Gagal menang atau imbang, bahkan jika tumbang, maka peluang Indonesia untuk meramaikan persaingan di papan atas Grup B semakin berat. Karena, berikutnya mereka bakal bersua dengan kedua negara kuat tersebut, Myanmar dan Thailand. Makanya, Kamboja bisa menjadi sasaran tembak pertamanya sebelum laga yang lebih berat lagi.

Dari prediksi di atas kertas, kemenangan sudah hampir 90 persen bakal didapatkan oleh Kurnia Meiga Hermansyah dkk. Selama ini, Indonesia tidak pernah menelan kekalahan pada setiap kali pertandingan pertamanya di SEA Games. Jika tidak mampu menang, kemungkinan paling jelek hasil imbang didapatkan.

Kalah pun peluangnya kecil. Dari sepuluh kali penyelenggaraan ajang SEA Games terakhir misalnya. Sejak 2001, Indonesia hanya dua kali meraih hasil satu poin pada laga pertamanya. Itu terjadi pada SEA Games 2005 Nakhon Ratchasima dan 2009 di Laos. Selebihnya, kemenangan selalu menjadi milik Indonesia.

Fakta itu sudah menjadi bukti bahwa dewi fortuna selalu berpihak kepada Indonesia di setiap laga perdana SEA Games. Pun demikian untuk pertandingan sore nanti. Tiga poin kemungkinan akan menjadi milik Merah Putih. Apalagi, selain berdasarkan fakta sejarah, kondisi terakhir tim Kamboja juga bisa menjadi dasar.

Meskipun mempunyai rekor bagus dalam setiap pertandingan perdana di SEA Games, pelatih Rahmat Darmawan tidak besar kepala dahulu. Menurutnya, semua keunggulan itu tidak menjadi jaminan bagi timnya untuk menang.

YANGON - Indonesia akan mengawali perjuangannya merebut medali emas dalam SEA Games 2013 ini. Sore nanti, skuad Garuda Muda menjalani pertandingan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA