Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Abadikan 22 Tokoh Betawi sebagai Nama Jalan di Jakarta

Selasa, 21 Juni 2022 – 18:01 WIB
Anies Abadikan 22 Tokoh Betawi sebagai Nama Jalan di Jakarta - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal perubahan nama jalan di Jakarta. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengabadikan sejumlah tokoh Betawi sebagai nama jalan, gedung, dan zona khusus.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pengabadian nama tersebut sebagai bentuk penghargaan atas jasa para tokoh bagi masyarakat.

Salah satu tokoh yang diresmikan Anies sebagai nama jalan adalah di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan, pada Senin (20/6) kemarin.

“Mereka adalah pribadi yang dikenang karena mereka memberikan manfaat bagi sesama, mereka ini adalah pribadi yang kita kenang karena hidupnya dihibahkan untuk kemajuan,” ucap Gubernur Anies.

Anies menjelaskan masyarakat Betawi berkontribusi terhadap simpul kuatnya kebangsaan Indonesia, serta menerima dan memfasilitasi seluruh masyarakat dari luar Jakarta.

“Indonesia punya utang budi besar pada masyarakat Betawi karena di tempat ini tenun kebangsaan itu dirajut oleh kehangatan masyarakat Betawi yang menyambut kita semua dari berbagai wilayah Indonesia dengan kesetaraan," tuturnya.

Oleh karena itu, kontribusi masyarakat Betawi tersebut di berbagai sektor perlu diabadikan, sehingga tokoh-tokoh yang berkontribusi tersebut diketahui publik sekaligus sebagai pengingat.

Dengan adanya penamaan jalan tersebut, mantan rektor Universitas Paramadina itu berharap akan membuat generasi baru menyadari bahwa hadirnya para tokoh Betawi merupakan perjalanan lintas waktu dan lintas generasi yang cukup panjang.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengabadikan sejumlah tokoh Betawi sebagai nama jalan, gedung, dan zona khusus di ibu kota. Ini daftarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close