Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies-Airlangga Pilihan Terbaik Golkar

Sabtu, 22 Januari 2022 – 22:58 WIB
Anies-Airlangga Pilihan Terbaik Golkar - JPNN.COM
Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Stadion Tenis Indoor, Senayan, Jakarta, Selasa (7/12) malam. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kans Partai Golkar untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dinilai besar.

Pangkalnya, elektabilitas Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sampai sekarang belum menjanjikan.

"Sejak meninggalkan kultur konvensi, Golkar cenderung menjagokan nonkader sebagai capresnya. Ini kecuali pada 2009 lalu, yang bulat mengusung JK (Jusuf Kalla)," kata pengamat politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Usni Hasanudin saat dihubungi, Sabtu (22/1).

"Pencalonan JK saat itu bisa kita maklumi karena dia aktif menjadi Wapres dan berpeluang mengalahkan SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)," imbuh dia.

Jelang Pemilu 2014, sambung Usni, upaya mengusung Aburizal Bakrie, ketum Golkar saat itu, malah memicu konflik di tubuh partai beringin.

"Selain karena faktor Jokowi yang berpasangan dengan JK, ini juga dipengaruhi elektabilitas Ical yang rendah sehingga tidak menjual," bebernya.

Pada 2019, lanjut Kaprodi Ilmu Politik FISIP UMJ itu, Golkar kehilangan momentum lantaran Airlangga baru terpilih sebagai ketum..

Ia menggantikan Setya Novanto yang terjerat kasus korupsi pengadaan KTP-el.

Kans Partai Golkar untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pada Pilpres 2024 dinilai besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close