Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Baswedan Perkenalkan JRC, Bisa Reduksi Sampah Sebanyak Ini

Rabu, 05 Oktober 2022 – 13:57 WIB
Anies Baswedan Perkenalkan JRC, Bisa Reduksi Sampah Sebanyak Ini - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau ke Jakarta Recycling Center (JRC) yang merupakan Pusat Edukasi Jakarta Sadar Sampah di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (5/10). Foto: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau ke Jakarta Recycling Center (JRC) yang merupakan Pusat Edukasi Jakarta Sadar Sampah di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Anies menyebutkan JRC telah direncanakan sejak 2018 untuk menjalankan pola pemilahan dan pengangkutan sampah.

Menurut dia, JRC seharusnya mampu melahirkan sebuah paradigma baru agar sisa sampah bisa digunakan menjadi hal yang bermanfaat.

"Ketika mendengar kata sampah, asosiasinya adalah tanpa guna. Sekarang kami mengedepankan model pengolahan sampah terpadu untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA,” ucap Anies di lokasi, Rabu (5/10).

Masyarakat mesti berpartisipasi mulai dari pemilahan sampah, pengangkutan sampah terjadwal yang dilakukan petugas, hingga proses daur ulang.

Saat ini, JRC sudah menampung dan mendaur ulang sampah dari 6 RW di Pesanggrahan. 

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menyebutkan pemilahan sampah dari 6 RW itu dinilai berhasil mereduksi sampah sebanyak 60 hingga 70 persen ke TPST Bantargebang.

"Alhamdulillah, sejauh ini sudah 13 persen dari rumah tangga yang konsisten melakukan pemilahan sampah. Ini harus kami teruskan, karena ini prosesnya mengubah kebiasaan dari tidak memilah menjadi kebiasaan memilah,” tuturnya.

Menurut Anies, JRC seharusnya mampu melahirkan sebuah paradigma baru agar sisa sampah bisa digunakan menjadi hal yang bermanfaat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close