Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Berjanji Hadirkan Keadilan dalam Kebijakan Untuk Disabilitas

Jumat, 15 Desember 2023 – 16:32 WIB
Anies Berjanji Hadirkan Keadilan dalam Kebijakan Untuk Disabilitas - JPNN.COM
Anies Baswedan dalam diskusi santai Disabilitas se-Jabodetabek. Foto: Tim Media AMIN

jpnn.com - BEKASI - Calon presiden bernomor urut 1 Anies Baswedan menghadiri diskusi santai bersama disabilitas di Islamic Center Bekasi, Jumat (15/12).

Kedatangan Anies disambut amat hangat oleh para penyandang disabilitas, lantaran mantan Gubernur DKI Jakarta itu punya sejarah panjang hubungan dengan para disabilitas.

“Begitu turun berjumpa dengan wajah yang penuh semangat menyambut perubahan, kami memang ingin menyongsong perubahan dengan sukacita, Indonesia adil makmur untuk semua,” ujar Anies.

Dalam sambutannya Anies menegaskan bahwa penyandang disabilitas termasuk dalam empat golongan yang harus terfasilitasi, yakni penyandang disabilitas, lansia, anak-anak, perempuan khususnya ibu hamil.

Maka dari itu ke depan, kebijakan khususnya pada level nasional harus memasukkan unsur keadilan sehingga dirasakan langsung oleh penyandang disabilitas.

“Memasukkan unsur keadilan di dalam kebijakan, artinya ada prinsip kesetaraan dalam kebijakan dan itu adalah yang dibutuhkan teman-teman disabilitas indonesia. Mulai dari kesetaraan kesempatan fasilitas, pekerjaan dan hal-hal dasar lainnya,” kata Anies.

“Jika itu dikerjakan kami yakin potensi dari teman-teman disabilitas berkembang dan memberi manfaat bagi dirinya? Keluarganya dan masyarakat,” imbuhnya.

Anies menilai bahwa kebijakan yang dibuat nantinya tidak melulu dari pemerintah, karena aspirasi dari penyandang disabilitas pun amat penting. Sehingga pendekatan kolaborasi harus menjadi pegangan untuk membuat kebijakan ke depan.

Anies bilang JIS adalah salah satu contoh bagaimana membangun dengan mendengar saran dari teman-teman disabilitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close