Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Pilpres 2019

Anies Keliru Jika Menggunakan Isu Reklamasi

Kamis, 19 Oktober 2017 – 07:25 WIB
Anies Keliru Jika Menggunakan Isu Reklamasi - JPNN.COM
Gubernur DKI Anies Baswedan saat menyampaikan pidato perdananya di Balai Kota Jakarta, Senin (16/10) petang. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengaruh isu reklamasi Teluk Jakarta terhadap peta politik menjelang Pemilu 2019 mendatang, dinilai sangat kecil. Pasalnya, isu reklamasi tidak berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat secara luas.

Karena itu, pengamat komunikasi politik dari Universitas Mercu Buana Jakarta Maksimus Ramses Lalongkoe menilai, Anies Baswedan keliru dan bakal membuang-buang energi jika menjadikan persoalan reklamasi sebagai modal utama untuk menaikkan popularitasnya dalam menghadapi Pilpres 2019 mendatang.

"Saya kira pengaruh politik terhadap reklamasi sangat kecil. Bila Anies menggunakan reklamasi sebagai batu pijakan untuk meningkatkan elektabilitas, saya lihat kurang tepat," ujar Ramses kepada JPNN, Kamis (19/10).

Meski demikian, Ramses menilai Anies tidak bisa lepas tangan begitu saja terhadap masalah reklamasi. Pasalnya, isu tersebut juga dimanfaatkan mantan Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan ini pada saat kampanye Pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Karena itu, tetap perlu menjadi fokus sebagai program kerja. Apalagi masyarakat Jakarta cukup kritis. Sebagian pihak tentu akan tetap menagih janji-janji kampanye yang pernah terucap dari Anies-Sandi.

"Anies tetap perlu konsisten mencabut izin reklamasi, meski untuk menaikkan elektabilitas saya kira sangat kecil pengaruhnya," pungkas Ramses.(gir/jpnn)

Anies Baswedan keliru dan bakal membuang-buang energi jika menjadikan persoalan reklamasi sebagai modal utama untuk menaikkan popularitasnya jelang Pilpres 2019

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close