Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Sebut Tempat Ibadah Berisiko Tinggi Penularan Corona

Jumat, 12 Juni 2020 – 00:09 WIB
Anies Sebut Tempat Ibadah Berisiko Tinggi Penularan Corona - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek salah satu fasilitas publik di salah salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Utara, Kamis (11/6). Foto: ANTARA/Fauzi Lamboka

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tempat ibadah di Ibu Kota memiliki risiko tinggi sebagai lokasi untuk penularan infeksi virus Corona (COVID-19) jika tidak dikelola dengan baik dan disiplin.

"Tempat berkumpulnya orang menjadi salah satu tempat berisiko bagi penyebaran wabah. Selain pusat kegiatan ekonomi, sosial, olahraga, tak terkecuali tempat ibadah juga memiliki risiko apabila tidak dikelola dengan baik dan disiplin," tulis Anies dalam seruannya, di Jakarta, Kamis (11/6).

Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan COVID-19 dalam Kegiatan Peribadatan itu, adalah dalam usaha penguatan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal itu akan menentukan apakah Jakarta bisa kembali berkegiatan secara aman, sehat dan produktif, atau harus kembali kepada pengetatan segala kegiatan umum.

"Oleh karena itu, kami serukan kepada saudara-saudara semua untuk memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan di rumah ibadah dengan sangat serius," tulis Anies.

Ada lima prinsip utama yang tertuang dalam seruan gubernur tersebut, yakni:
1. Hanya yang sehat yang boleh keluar rumah. Jangan ke rumah ibadah bila sedang tidak sehat.
2. Selalu memakai masker dengan benar setiap saat.
3. Menjaga jarak antar orang minimal satu meter.
4. Menghindari kontak fisik.
5. Menjaga jumlah orang di dalam rumah ibadah di bawah 50 persen dari daya tampung.

"Lalu beri perlindungan ekstra pada anak-anak di bawah 10 tahun, lansia di atas 60 tahun dan ibu hamil. Sebisanya dihindarkan mereka dari kerumunan massa," tulis Anies.

Setiap lembaga otoritas agama yang mengatur rumah ibadah masing-masing agama di Jakarta, telah mengeluarkan panduan beribadah di rumah ibadah secara aman dan sehat dan Pemprov DKI Jakarta mengharapkan panduan ini ditaati sepenuhnya oleh setiap pengelola rumah ibadah.

Anies Baswedan meminta pengelolaan tempat ibadah dilakukan dengan baik agar tidak jadi lokasi penyebaran virus Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close