Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antam Catatkan Laba Rp 3,08 Triliun pada 2023

Senin, 01 April 2024 – 10:35 WIB
Antam Catatkan Laba Rp 3,08 Triliun pada 2023 - JPNN.COM
PT Aneka Tambang Tbk. Antam berhasil mencatat kinerja keuangan optimal dengan laba sebesar Rp 3,08 triliun pada 2023. Ilustrasi: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk. Antam berhasil mencatat kinerja keuangan optimal dengan laba sebesar Rp 3,08 triliun pada 2023.

Perusahaan dengan kode IDX: ANTM itu berhasil fokus pada pengendalian biaya dan optimalisasi produksi di tengah fluktuasi harga komoditas global.

Anggota Grup BUMN Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID) itu pun memiliki beberapa aspek kinerja keuangan lainnya seperti Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) yang mencapai Rp 6,55 triliun, serta laba kotor dan laba usaha masing-masing mencapai Rp 6,31 triliun dan Rp 2,62 triliun.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan Mineral Industry Indonesia (MIND ID), Heri Yusuf mengatakan pencapaian Antam dalam mengoptimalkan kinerja perusahaan selaras dengan strategi holding.

"Antam berhasil memperkuat struktur keuangannya dengan meningkatkan nilai ekuitas konsolidasian hingga Rp 31,17 triliun, mencatatkan pertumbuhan sebesar 31 persen dari tahun sebelumnya. Peningkatan ini didukung oleh penurunan tingkat pinjaman berbunga sebesar Rp 2,5 triliun," beber Heri di Jakarta, Senin (1/4).

Dia menilai Antam terus menunjukkan dedikasinya terhadap prinsip pertambangan yang baik dan keunggulan operasional, dengan mencatatkan nilai penjualan bersih sebesar Rp 41,05 triliun.

Heri menyebut kontribusi utama berasal dari penjualan domestik, yang menunjukkan strategi efektif dalam memperkuat basis pelanggan lokal.

Produk emas menjadi penyumbang terbesar terhadap penjualan, sementara produk nikel dan bauksit juga memberikan kontribusi yang signifikan.

PT Aneka Tambang Tbk. Antam berhasil mencatat kinerja keuangan optimal dengan laba sebesar Rp 3,08 triliun pada 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close