Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPPT, BNPB, TNI AU, dan BMKG Gencarkan Operasi TMC 24 Jam

Rabu, 08 Januari 2020 – 11:36 WIB
Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPPT, BNPB, TNI AU, dan BMKG Gencarkan Operasi TMC 24 Jam - JPNN.COM
Mendung jelang hujan di Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Jagat medsos, pagi ini Rabu (8/1), diramaikan siaran peringatan cuaca ekstrem dari US Embassy Jakarta. Dalam laman https://id.usembassy.gov/weather-alert-u-s-embassy-jakarta-indonesia-january-6-2020/, disebutkan wilayah Jakarta akan mengalami curah hujan yang luar biasa hingga 12 Januari 2020.

Mengantisipasi badai dan angin kencang dengan kemungkinan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, dan kondisi perjalanan yang sulit di seluruh wilayah.

Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Tri Handoko Seto, mengungkapkan banyak yang menanyakan kepadanya tentang kebenaran informasi tersebut.

"Saya jawab lugas saja, iya benar. Tim Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) BPPT sejak beberapa hari lalu memperkirakan bahwa tanggal 11 Januari akan terjadi hujan yang sangat deras di Jabodetabek," kata Tri Handoko, Rabu (8/1). 

Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPPT, BNPB, TNI AU, dan BMKG Gencarkan Operasi TMC 24 Jam

Dia melanjutkan, diperkirakan curah hujan rata-rata wilayah Jabodetabek sekitar 50-100 mm. Tidak akan selebat hujan 31 Desember sampai 1 Januari lalu. Namun, berpotensi mengakibatkan genangan atau banjir di sejumlah titik. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Deputi Meteorologi juga telah meriliis prakiraan cuaca di mana dalam sepekan ke depan akan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai petir/kilat dan angin kencang. 

Menyikapi perkembangan prakiraan cuaca ini maka selama 10-13 Januari, Tim TMC BPPT bekerja sama dengan BNPB, TNI AU, dan BMKG akan melakukan operasi TMC siang malam 24 jam. 

Kepala BBTMC-BPPT Tri Handoko, menyatakan kebenaran informasi terkait wilayah Jakarta akan mengalami curah hujan tinggi (cuaca ekstrem), hingga 12 Januari 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close