Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antisipasi Karhutla, BPBD Sumsel Lakukan Modifikasi Cuaca

Jumat, 05 Juli 2024 – 09:46 WIB
Antisipasi Karhutla, BPBD Sumsel Lakukan Modifikasi Cuaca - JPNN.COM
Foto bersama usai melakukan TMC di halaman Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang, Kamis (4/7/2024). Foto: Dokumen BPBD Sumsel for JPNN.com.

jpnn.com, PALEMBANG - Guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan melakukan teknik modifikasi cuaca (TMC) di langit Sumsel.

TMC sendiri dimulai hari ini Kamis 4 Juli hingga 13 Juli 2024 mendatang.

Kabid Penanganan Kedaruratan Bencana BPBD Sumsel Sudirman menerangkan bahwa TMC di Sumsel menggunakan pesawat milik TNI AU yakni Casa-212 Reg A-2104.

"Pesawat inilah yang akan menaburkan garam di awan-awan untuk meningkatkan intensitas hujan," terang Sudirman, Kamis (4/7/2024).

"Kami harapkan dengan metode TMC ini dapat menurunkan hujan buatan di wilayah Sumsel terutama yang rawan Karhutla," sambung Sudirman.

Menurut Sudirman, TMC merupakan langkah strategis dalam upaya mitigasi dan penanggulangan bencana, khususnya untuk menghadapi potensi Karhutla di Sumsel.

"Diharapkan dengan TMC oleh Tim Satgas ini, Karhutla di Sumatera Selatan dapat diminimalisir, sehingga tercipta lingkungan yang lebih aman dan kondusif bagi masyarakat," tutup Sudirman.
(mcr35/jpnn) 

BPBD Sumsel lakukan teknik modifikasi cuaca (TMC) untuk mengantisipasi Karhutla.

Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close