Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Luas Lahan yang Terbakar di Sungai Rotan Muara Enim Mencapai 53 Hektare

Jumat, 06 September 2024 – 22:50 WIB
Luas Lahan yang Terbakar di Sungai Rotan Muara Enim Mencapai 53 Hektare - JPNN.COM
Personel BPBD sedang memadamkan api di Desa Suka Maju, Kecamatan Sungai Rotan, Muara Enim, Sumsel. ANTARA/HO/BPBD Sumsel

jpnn.com - PALEMBANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan menyatakan luas hutan dan lahan yang terbakar di Desa Suka Maju, Kecamtan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim, mencapai 53 hektare.

Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumsel Sudirman mengatakan bahwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan itu terjadi sejak 29 Agustus 2024. Menurut dia, hingga saat ini titik api masih terus menyala dan berasap.

"Pemadaman Jumat ini sudah memasuki hari kesembilan sejak terjadi karhutla pada 29 Agustus 2024. Saat ini titik api masih terus menyala dan masih berasap," katanya di Palembang, Jumat (6/9).

Dia menjelaskan, luas lahan hutan gambut yang terbakar sudah mencapai 53 hektare dengan tipe kebakaran permukaan. Akan tetapi, pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran, dan siapa pemilik lahan tersebut.

Saat ini, upaya pemadaman di lokasi dilakukan TRC BPBD Posko Sungai Rotan bersama TRC Posko Induk BPBD, Manggala Agni, damkar, Koramil, pemdes dan masyarakat setempat.

Upaya pemadaman karhutla di Muara Enim juga dilakukan di Desa Suka Dana, Kecamatan Sungai Rotan. Luas lahan yang terbakar seluas 5 hektare. Tipe kebakaran di permukaan dengan vegetasi hutan dan gambut tipis.

"Kondisi titik api masih ada dan sudah disekat oleh warga Suka Dana," jelasnya.

Selain itu, karhutla juga terjadi di Desa Mulia Abadi, Kecamatan Muara Belida, Kabupaten Muara Enim.

BPBD Sumsel menyatakan bahwa luas lahan yang terbakar di Sungai Rotan, Muara Enim, sudah mencapai 53 hektare.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA