Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antisipasi Krisis, ASEAN Plus Siapkan Rp800 Triliun

Sabtu, 25 Oktober 2008 – 10:05 WIB
Antisipasi Krisis, ASEAN Plus Siapkan Rp800 Triliun - JPNN.COM
Presiden SBY (tengah) bersama sejumlah kepala negara pada KTT di Beijing. Foto: Abror Rizki
BEIJING – Pemerintah negara-negara ASEAN plus Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan atau disebut ASEAN Plus 3 menyiapkan dana setidaknya USD 80 miliar (sekitar Rp 800 triliun) untuk mengantisipasi krisis keuangan dunia meluas hingga ke kawasan Asia Tenggara. Dana tersebut berasal dari penyisihan cadangan devisa 10 negara ASEAN plus Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

Kesepakatan tersebut diputuskan dalam pertemuan sepuluh pemimpin negara ASEAN plus Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan di Beijing, Tiongkok, Kamis (24/10) malam. Pertemuan tersebut digelar sehari menjelang pembukaan Asia-Europe Meeting (ASEM) yang dibuka Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao Jumat petang (25/10).

Dengan kesepakatan swap multilateral ini, sepuluh negara ASEAN dan tiga negara mitranya di Asia akan memiliki akses setiap saat pada akumulasi dana tersebut guna memperkuat cadangan devisa negerinya bila terkena dampak krisis. Mekanisme multilateral swap ini akan mulai berlaku semester pertama 2009.

Dalam pertemuan tersebut, Korea Selatan, Tiongkok, dan Jepang sepakat menyediakan 80 persen dari total akumulasi dana atau sekitar USD 65 miliar (sekitar Rp 650 triliun). Sisanya ditanggung oleh sepuluh negara ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, Filipina, Laos, Thailand, Myanmar, dan Brunei Darussalam.

Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal mengatakan, kepala pemerintah dari ASEAN+3 mendorong inisiatif Chiang Mai berlaku lebih cepat dibanding kesepakatan semula. Hal ini disebabkan keprihatinan bahwa krisis yang saat ini lebih banyak dirasakan Amerika Serikat dan Eropa terus merembet ke kawasan  Asia.

Inisiatif Chiang Mai adalah kesepakatan negara-negara ASEAN+3 untuk melakukan bilateral swap atau pinjaman antarnegara guna memperkuat cadangan devisa dalam menghadapi krisis keuangan. "Pertemuan tadi malam (Kamis malam) sepakat untuk memperluas Chiang Mai Initiative menjadi multilateral swap yang dapat digunakan seluruh negara ASEAN+3," terang Dino.

Para kepala negara juga sepakat mempercepat finalisasi pembahasan mekanisme swap dan pengelolaan akumulasi dana cadangan tersebut. Dalam waktu dekat, para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari seluruh negara ASEAN+3 akan bertemu untuk membahas teknis financial swap. "Saat ini sudah ada action plan-nya. Intinya dalam situasi saat ini,kerjasama ekonomi ASEAN+3 menjadi prioritas yang lebih besar lagi," kata Dino.

Meski kepala negara ASEAN+3 meyakini ketahanan perekonomian Asia terhadap krisis kini lebih baik dibandingkan Eropa dan Amerika, namun seluruh negara harus mengantisipasi dampaknya karena seluruh dunia diyakini akan mengalami perlambatan ekonomi.

BEIJING – Pemerintah negara-negara ASEAN plus Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan atau disebut ASEAN Plus 3 menyiapkan dana setidaknya USD

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA