Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antisipasi Krisis, Ketua MPR: Perlu Perhatian Khusus pada Sektor Tanaman Pangan

Minggu, 29 Maret 2020 – 23:44 WIB
Antisipasi Krisis, Ketua MPR: Perlu Perhatian Khusus pada Sektor Tanaman Pangan - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah memberi perhatian khusus terhadap sektor tanaman pangan guna mengantisipasi kritis. Ilustrasi. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah agar segera memberi perhatian khusus pada sektor tanaman pangan. Di tengah proses kerusakan pada sektor ekonomi global saat ini, tantangan utama bagi setiap negara, termasuk Indonesia, adalah kepastian ketersediaan bahan pangan pokok.

Menurut Bamsoet, semua daya dan upaya saat ini harus berfokus pada penyelamatan bagi siapa saja yang positif terinfeksi Covid-19. Namun, perekonomian tidak boleh lumpuh.

Artinya, kata Bamsoet, sepanjang periode pandemi global Virus Corona sekarang ini, merawat ekonomi juga menjadi pekerjaan sangat strategis untuk memastikan kehidupan hari esok semua orang.

Akhir pekan lalu, Dana Moneter Internasional (IMF) telah mengingatkan bahwa Pandemi Virus Corona telah berubah menjadi krisis ekonomi dan keuangan global. Artinya, komunitas global sedang menghadapi potensi krisis mutidimensi.

Menurut IMF, jika terjadi krisis, negara berkembang paling merasakan dampaknya, sebagai akibat dari kombinasi krisis kesehatan, banyaknya aliran modal asing yang keluar, dan melemahnya harga komoditas.

Ketua MPR mengingatkan, belum ada yang bisa memastikan kapan pandemi global virus corona akan berakhir. Satu hal yang pasti, kerusakan di sektor ekonomi begitu nyata dan terus berlangsung di berbagi belahan dunia. Di tengah proses kerusakan pada sektor ekonomi global itu, tantangan utama bagi setiap negara, termasuk Indonesia, adalah kepastian ketersediaan bahan pangan pokok.

Siapa pun tidak mengharapkan sektor tanaman pangan mengalami kerusakan seperti halnya kerusakan di sektor bisnis lainnya. Demi kepentingan itu, pemerintah perlu memberi perhatian khusus pada sektor pertanian tanaman pangan.

Aktivitas produksi bahan pangan pokok, seperti kegiatan tanam padi, sayur-sayuran hingga produktivitas nelayan, harus tetap terjaga.

Menurut Ketua MPR Bamsoet Soesatyo, untuk mengantisipasi krisis akibat pandemi covid-19, pemerintah perlu memberi perhatian khusus pada sektor pertanian tanaman pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close