Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AP I Optimistis Capai Target Kunjungan Wisman ke Jatim

Senin, 31 Juli 2017 – 23:20 WIB
AP I Optimistis Capai Target Kunjungan Wisman ke Jatim - JPNN.COM
Wisatawan mancanegara dari Tiongkok saat berwisata di Bali. Foto: Bali Ekspres

jpnn.com, SURABAYA - PT Angkasa Pura I mendukung pengembangan potensi pariwisata Jawa Timur di Surabaya.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I Moch. Asrori mengatakan, pengelola bandara harus menginisiasi kerja sama dan koordinasi dengan seluruh pelaku bisnis terkait dalam mengembangkan industri pariwisata daerah.

“Secara khusus, pengelola bandara juga harus dan membuka akses seluas-luas bagi penyedia layanan agen perjalanan di bandara. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diperlukan untuk meningkatkan efektifitas koordinasi, komunikasi, integrasi dan pengendalian antar pelaku bisnis dan periwisata terutama PT Angkasa Pura I,” ujar Asrori.

Terkait target kunjungan 1 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Timur pada 2025, Asrori menyatakan optimismenya.

“Jika melihat pertumbuhan pergerakan penumpang mancanegara selama beberapa tahun terakhir, kami optimis dapat mencapai target 1 juta kunjungan wisman ke Jawa Timur pada 2025, bahkan dapat tercapai lebih awal. Pada 2016, terdapat 612.412 kunjungan wisman melalui Bandara Juanda, naik 32 persen dibanding jumlah kunjungan wisman pada 2015 yang sebanyak 463.596 wisman," tuturnya.

Bahkan, kata Asrori, pertumbuhan kunjungan wisman 2015 dibanding 2014 naik cukup signifikan yaitu 54 persen, di mana pada 2014 jumlah kunjungan wisman hanya sebesar 300.009 orang.

“Kami selaku pengelola bandara mendukung penuh rencana dan target Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mendatangkan wisatawan ke Jawa Timur. Angkasa Pura I senantiasa memberikan perhatian khusus pada pengembangan daerah, mendorong sinergi dengan Pemerintah Daerah, Kementerian Pariwisata, maskapai penerbangan, serta pemangku kepentingan lain untuk mengambil peran penting dalam usaha penyediaan kapasitas infrastruktur dan konektivitas sisi udara," tuturnya.

Saat ini banyak destinasi wisata dan potensi wisata lainnya di Jawa Timur yang dapat dioptimalkan lebih baik lagi, seperti Gunung Bromo, Gunung Semeru, Kawah Ijen, Gili Iyang, Gili Labak, Pantai Sembilan Gili Genting.(chi/jpnn)

PT Angkasa Pura I mendukung pengembangan potensi pariwisata Jawa Timur di Surabaya.

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close