Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Apa Saja Manfaat Kartu Identitas Anak alias KIA?

Senin, 12 Agustus 2019 – 08:59 WIB
Apa Saja Manfaat Kartu Identitas Anak alias KIA? - JPNN.COM
Kartu Identitas Anak alias KIA. Foto: dok. Kaltim Post

jpnn.com, BOGOTA - Pemko Bogor gencar menyosialisasikan Program Kartu Identitas Anak (KIA) yang resmi diluncurkan awal tahun ini.

Pasalnya, masyarakat kurang antusiasi mengurus KIA. Tercatat, dari total anak usia sekolah di Kota Bogor yang mencapai 150 ribu, hanya 2.000 di antaranya yang melakukan pencetakan KIA, atau kurang dari lima persen.

Hal itu pun membuat dinas kependudukan dan pencatatan sipil (disduk­capil) jemput bola dengan mendatangi langsung sekolah-sekolah.

“Disdukcapil bekerja sama dengan KPAI perwakilan daerah Kota Bogor kerja bareng pelaksanaan pencetakan dan pelayanan penerbitan KIA di SMP. Pertama sudah dilakukan di SMP Bina Graha dan kali ini di SMP Taruna Andigha,” kata Kasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), Disdukcapil Kota Bogor, Mugi Lastono.

Dikatakan Mugi, program kali ini bertajuk “KIA Manfaat” diisi dengan sosialisasi dari KPAI Kota Bogor, tentang pemenuhan hak-hak anak. Sedangkan disdukcapil menerangkan soal tata cara mendapatkan KIA.

BACA JUGA: Berita Duka: Isnain Meninggal Usai Bermain Sepak Bola, Masih Kenakan Kostum

“Kami masih explore kemanfaatannya KIA ini melalui kerja sama dengan beberapa pengusaha yang diinisiasi oleh KPAI, agar KIA ini bisa memiliki manfaat lebih, tidak hanya sekadar identitas diri saja,” kata Mugi.

Dia menambahkan, program KIA Manfaat di SMP Taruna Andigha diikuti oleh 130 pendaftar, 80 di antaranya merupakan siswa domisili Kota Bogor.

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat Kartu Identitas Anak alias KIA sehingga kurang antusias untuk mengurusnya.

Sumber Radar Bogor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close