Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

APBN Indonesia Sehat Hadapi Krisis Eropa

Selasa, 25 Mei 2010 – 18:33 WIB
APBN Indonesia Sehat Hadapi Krisis Eropa - JPNN.COM
JAKARTA- Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan bahwa Indonesia mampu menghadapi krisis ekonomi yang melanda Yunana dan Krisis Ekonomi Eropa (KEE). Menurut Agus Krisis Ekonomi Eropa (KEE) memang sangat berat dirasakan di beberapa negara Eropa, namun negara-negara tersebut memiliki kondisi yang sangat berbeda dengan Indonesia.

"Kondisi di negara Yunani, misalnya, dia punya rasio pinjaman pada Product Domestik Bruto (PDB)-nya sampai 120 persen. Sedangkan Indonesia, pinjaman kita hanya 28 persen terhadap PDB," kata Agus Martowardojo usai rapat paripurna di DPR RI, Jakarta, Selasa (25/5).

Apalagi katanya, defisit APBN negara-negara di Eropa bisa sampai 12 persen. Sementara untuk Indonesia, pada tahun 2010 ini hanya mengalami defisit 2,1 persen. Dengan kondisi demikian, justru KEE bisa memberikan dampak positif bagi Indonesia.

"Memang ada sedikit guncangan di dunia ketika international rating agency menurunkan rating dari Yunani. Sehingga beberapa investor menjadi tidak nyaman. Misalnya ada Bank di Spain yang diambil alih pemerintahnya, itu membuat investor nervous, sehingga wajar jika ada yang berpikir untuk menanamkan uangnya di negara berkembang seperti Indonesia," kata Agus.

JAKARTA- Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan bahwa Indonesia mampu menghadapi krisis ekonomi yang melanda Yunana dan Krisis Ekonomi Eropa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close