Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Arab Saudi Halangi Diplomat Iran Ikut Pertemuan Negara Islam

Senin, 03 Februari 2020 – 21:29 WIB
Arab Saudi Halangi Diplomat Iran Ikut Pertemuan Negara Islam - JPNN.COM

jpnn.com, TEHRAN - Arab Saudi mencoret delegasi Iran dari pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Jeddah, Senin (3/2). Pertemuan membahas perdamaian Timur Tengah ini rencananya akan dihadiri Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Menurut Jubir Kemenlu Iran Abbas Mousavi, otoritas Arab Saudi tidak mengeluarkan visa bagi diplomat republik Islam tersebut.

"Pemerintah Arab Saudi menghalangi partisipasi delegasi Iran dalam pertemuan, yang bertujuan untuk membahas rencana kesepakatan abad ini di kantor pusat OKI," kata Mousavi, seperti dikutip Kantor Berita Fars.

Mousavi menyebutkan Iran mengajukan keberatan kepada OKI dan menuding Arab Saudi menyalahgunakan posisinya sebagai tuan rumah kantor pusat organisasi tersebut. Tidak ada komentar langsung dari pejabat Arab Saudi terkait hal itu.

Pejabat Iran mengecam rencana Trump untuk mengakhiri konflik antara Israel dan Palestina setelah resmi diumumkan pekan lalu. Tehran menilai, rencana itu bukan suatu permulaan.

Para pemimpin Palestina juga menolak rencana tersebut. Mereka berpendapat rencana tersebut sangat menguntungkan Israel. (ant/dil/jpnn)

loading...