Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arah Kiblat Dicek Ulang

Sabtu, 20 Maret 2010 – 06:38 WIB
Arah Kiblat Dicek Ulang - JPNN.COM
PADANG- Lembaga Hisab Rukyah Sumbar berencana melakukan pengukuran ulang arah kiblat masjid dan musalla di daerah. Ini bertujuan menghindari kemungkinan ketidakakuratan arah Kabbah seperti yang diduga selama ini. Kanwil Kementerian Agama Sumbar serta Lembaga Rukyat Hisab Sumbar akan menurunkan tim khusus agar bisa langsung ke lapangan mengukur ulang kembali arah kiblat.

"Kami tinggal menunggu izin dari Kementrian Agama Pusat," kata Wakil Ketua Lembaga Hisab Rukyah Sumbar, Asasriwarni. Pengecekan ulang arah kiblat ini menggunakan alat modern yang disebut dengan Tedolit dan GPS yang mana cara penggunaanya pada saat matahari berada tepat di atas kepala.

"Apabila ada kemungkinan kesalahan arah kiblat untuk masjid dan musalla, yang akan diubah hanya syafnya saja. Sedangkan untuk bangunan masjid tidak akan ada pembongkaran," jelas mantan Pembantu Rektor III IAIN Imam Bonjol itu. Kandidat profesor itu menambahkan, untuk pengukuran ulang arah kiblat ini tidak akan memunggut biaya apapun, sebab sudah menjadi tanggungan pemerintah. "Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap fokus beribadah," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Urais) Kanwil Kementerian Agama Sumbar, Marzuki mengklaim tidak ada pergeseran arah kiblat di Sumbar. Kasus yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia, karena kesalahan penentuan arah kiblat waktu pembangunan masjid. Saat pengukuran dan penentuan arah kiblat menggunakan cara-cara manual.

PADANG- Lembaga Hisab Rukyah Sumbar berencana melakukan pengukuran ulang arah kiblat masjid dan musalla di daerah. Ini bertujuan menghindari kemungkinan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA