Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arah Koalisi dengan SBY Makin Kuat

Selasa, 11 Agustus 2009 – 08:11 WIB
Arah Koalisi dengan SBY Makin Kuat - JPNN.COM
Foto : Raka Denny/JAWA POS
JAKARTA - PDIP benar-benar terbelah dalam memilih opsi tetap menjadi oposisi atau melebur dalam koalisi SBY-Boediono. Kubu yang memilih koalisi kini semakin meluas di kalangan elite partai berlambang banteng moncong putih itu.

    

Motor koalisi tersebut adalah suami Megawati, Taufiq Kiemas, yang juga menjabat ketua Deperpu (Dewan Pertimbangan Pusat) DPP PDIP. Bila Kiemas menyampaikan secara terbuka, kini sejumlah tokoh ring satu di sekitar Mega mulai menyatakan sikap dengan  halus.

    

Meski tidak eksplisit, Ketua DPP PDIP Tjahjo Kumolo termasuk yang siap menerima opsi berkoalisi. Dia tidak menampik adanya kemungkinan itu. "Apa pun pilihannya nanti, apakah tetap beroposisi atau membangun kemitraan dengan pemerintah, kami harus tetap kritis sampai kapan pun," kata Tjahjo di Jakarta Senin (10/8).

    

Tjahjo merupakan orang dekat Mega selain Sekjen Pramono Anung. Bukti kedekatannya, selain menjadi ketua DPP, Tjahjo menjabat ketua Fraksi PDIP DPR. Menurut dia, berkoalisi sambil bersikap kritis sangat dimungkinkan. Caranya, dengan mengoptimalkan fungsi pengawasan, fungsi anggaran, dan fungsi legislasi sebagai bagian dari hak-hak DPR. "Terutama dalam mendorong terwujudnya struktur APBN yang prorakyat," ujarnya.

    

JAKARTA - PDIP benar-benar terbelah dalam memilih opsi tetap menjadi oposisi atau melebur dalam koalisi SBY-Boediono. Kubu yang memilih koalisi kini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA