Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arief Poyuono: Kalau Caranya Kayak Begini, BUMN Bukan Tambah Maju

Jumat, 06 Desember 2019 – 18:49 WIB
Arief Poyuono: Kalau Caranya Kayak Begini, BUMN Bukan Tambah Maju - JPNN.COM
Arief Poyuono. Foto: M. Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono menyatakan Menteri BUMN Erick Thohir kebanyakan tebar pesona dalam kasus penyelundupan Harley Davidson melalui pesawat baru Garuda Indonesia.

Arief mengaku memiliki alasan melontarkan pernyataan tersebut. Salah satu alasannya adalah masalah tersebut bikin anjloknya saham maskapai pelat merah itu.

"Pengaruhnya nanti bisa negatif ke pasar saham terutama milik BUMN yang melantai di bursa," ucap Arief kepada jpnn.com, Jumat (6/12).

Dia lantas mengatakan bahwa harga saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, anjlok pada Kamis (5/12), setelah Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan akan memberhentikan Ari Ashkara terkait kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton.

"Saham maskapai plat merah berkode emiten GIAA tersebut terkoreksi 4 poin atau 0,08 persen menjadi Rp496. Piye iki Kangmas Joko Widodo," lanjut ketua umum Federasi Serikat Pekerja (FSP) BUMN Bersatu ini.

Pria kelahiran Jakarta ini menilai pernyataan Erick tentang kasus yang melibatkan petinggi Garuda Indonesia yang bikin ramai tersebut, tidak didasarkan pada aturan dan perundang-undangan. Akibatnya jadi blunder dan memengaruhi saham maskapai kebanggan bangsa itu.

Arief khawatir kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap saham-saham yang dimiliki perusahaan pelat merah lainnya, karena pernyataan menteri BUMN sangat sensitif bagi pasar.

Bahkan, dia menganggap pemecatan Ari sudah salah prosedur akibat ketidakpahaman Erick pada aturan dalam memberhentikan direksi BUMN yang sudah jadi perusahaan publik.

Di mana, dalam POJK 33 Tahun 2014 Pasal 3 ayat (1) menyatakan anggota direksi diangkat dan diberhentikan oleh RUPS.

Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono menyatakan kritiknya terhadap tebar pesona Menteri BUMN Erick Thohir dalam kasus penyelundupan Harley Davidson yang berujung pencopotan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Ashkara, beralasan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close