Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ArtJog 13

Sabtu, 27 Juli 2013 – 22:01 WIB
ArtJog 13 - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA itu mendominasi Indonesia, seperti halnya Manila dan Bangkok yang juga mengontrol negaranya masing-masing. Dalam perkara bisnis, politik dan media, kota-kota metropolitan yang menjadi “hub” ini memiliki “suara” yang lebih lantang dan sedikit mendekati cara imperialis.

Saya tidak lantas mengatakan bahwa kota-kota lain tidak memiliki sisi keistimewaannya sendiri-sendiri. Sebagai contoh, baik Surabaya maupun Cebu yang menjadi kota pusat Visayan justru melebihi perkiraan.

Di saat keduanya ikut menopang urusan logistik dan perdagangan negara masing-masing, mereka kekurangan campur tangan dan pengaruh dari Jakarta atau Manila. Tapi bisa dikatakan, mereka nyaris menjelma menjadi kota-kota yang terkenal.

Tapi sementara Jakarta disebut sebagai pusatnya Indonesia, tidak lantas menjadikannya kota yang berpengaruh secara penuh.

Ibukota juga akan menjadi pusat negara yang hebat ketika bersinggungan dengan seni visual, serta menampung lebih banyak profesi-profesi kreatif dan intelektual.

Tidak perlu diragukan, dalam hal lukisan, seni pahat dan bahkan seni pertunjukan, Yogyakarta (dan Bandung) terbilang jauh lebih hidup dan merupakan destinasi yang menarik.

Bisa jadi ini disebabkan juga adanya kampus seni yang sangat bergengsi di kedua kota tersebut; Institut Seni Indonesia (ISI) di Yogyakarta dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memiliki Fakultas Seni dan Desain.

Pada saat yang sama, persewaan studio dan biaya hidup di luar Jakarta lebih terjangkau bagi para calon seniman yang sedang berjuang ini. Terlebih lagi, di Yogyakarta paling tidak terdapat lebih dari ratusan, bahkan ribuan anak muda yang menekuni seni lukisan dan pahat. Tercipta harapan salah satu mereka bisa menjadi Affandi, Sudjono atau Hendra Gunawan masa depan.

JAKARTA itu mendominasi Indonesia, seperti halnya Manila dan Bangkok yang juga mengontrol negaranya masing-masing. Dalam perkara bisnis, politik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Karim Raslan

    Saatnya Indonesia Berubah

    Selasa, 12 Agustus 2014 – 10:46 WIB
    Saatnya Indonesia Berubah - JPNN.com
  • Karim Raslan

    Propaganda dalam Hasil Survei

    Jumat, 27 Juni 2014 – 00:16 WIB
    Propaganda dalam Hasil Survei - JPNN.com
  • Karim Raslan

    Pelajaran Berharga Modi untuk Indonesia

    Kamis, 12 Juni 2014 – 00:37 WIB
    Pelajaran Berharga Modi untuk Indonesia - JPNN.com
  • Karim Raslan

    Korban Pemilu

    Rabu, 04 Juni 2014 – 02:02 WIB
    Korban Pemilu - JPNN.com