Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ary Zulfikar Ungkap Potensi dan Tantangan UMKM di 2024, Tembus Pasar Ekspor!

Minggu, 07 Januari 2024 – 17:00 WIB
Ary Zulfikar Ungkap Potensi dan Tantangan UMKM di 2024, Tembus Pasar Ekspor! - JPNN.COM
Para pembicara dalam seminar bisnis awal tahun besutan PBA bersama RamTV secara daring baru-baru ini. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) Ary Zulfikar optimistis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan menembus pasar ekspor. Dia juga yakin dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini.

Ary menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup menggembirakan pada 2023, meski di tengah ketidakpastian yang masih dirasakan oleh negara-negara Eropa dan Amerika akibat pascapandemi.

"Indonesia berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen,” ujar Ary saat menjadi pembicara dalam seminar bisnis awal tahun besutan PBA bersama RamTV secara daring baru-baru ini.

Menurut pria yang akrab disapa Azoo, pertumbuhan ekonomi ini turut disumbangkan oleh sektor UMKM yang berkontribusi terhadap pembentukan PDB mencapai 61,1 persen per tahun.

Meskipun sempat mengalami penurunan, lanjut Azoo, UMKM tetap bertahan dan menerima berbagai kebijakan untuk mempermudah operasional mereka selama masa pandemi.

Azoo lantas menyoroti perbandingan angka UMKM di Indonesia yang secara statistik memiliki nilai terbesar di Asia Tenggara.

"Potensi UMKM kita sangat besar, unggul di antara negara-negara sejenis, seperti Thailand, Malaysia, dan Filipina," ungkap direktur Eksekutif Hukum Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) tersebut. 

Kendati demikian, dia menitikberatkan perhatian pada tantangan utama yang dihadapi pelaku UMKM, terutama terkait dengan permodalan dan pemasaran.

Ketum PBA Ary Zulfikar mengungkapkan potensi dan tantangan UMKM di 2024, yang diyakini bisa menembus pasar ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close