Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AS Curigai Tiongkok di Balik Rudal Korut

Selasa, 24 April 2012 – 09:29 WIB
AS Curigai Tiongkok di Balik Rudal Korut - JPNN.COM
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) meyakini kuat bahwa sebuah perusahaan Tiongkok menjual kepada Korea Utara (Korut) sejumlah komponen untuk transporter (alat pengangkut dan peluncur) rudal yang sengaja dipamerkan dalam parade militer saat puncak peringatan HUT ke-100 Kim  Il-sung di Pyongyang pada 15 April lalu. Karena itu, Washington akan menekan Beijing supaya memperketat penerapan larangan PBB atas penjualan senjata tersebut.

Seorang pejabat AS yang tak mau disebutkan namanya kemarin (23/4) menyatakan bahwa pemerintahan Presiden Obama mencurigai perusahaan Tiongkok tersebut menjual komponen yang berbentuk sasis (bukan kendaraan peluncur secara utuh) itu untuk kepentingan sipil. "Jadi, penjualan tersebut tidak sampai dianggap sebagai pelanggaran secara sengaja atas sanksi dan larangan PBB," katanya.

Tapi, penjualan komponen strategis itu pasca-gagalnya  uji coba roket Korut awal bulan ini justru meningkatkan kekhawatiran Washington. AS mencurigai bahwa Tiongkok mengabaikan larangan penjualan senjata pada Pyongyang.

Adalah surat kabar New York Times yang pertama kali memberitakan soal temuan AS terkait asal-usul komponen kendaraan peluncur roket yang dipamerkan dalam parade militer di Pyongyang itu. Kendaraan tersebut berupa truk berukuran besar yang mampu memuat rudal di atasnya.

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) meyakini kuat bahwa sebuah perusahaan Tiongkok menjual kepada Korea Utara (Korut) sejumlah komponen untuk transporter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close